Wednesday, June 28, 2006

WHITE LIE


Temen satu kantorku – sekaligus sohibku – adalah pakar pelaku white lie. Dia satu – satunya orang di kantorku yang bisa berbohong dengan wajah, gesture dan kata – kata innocent yang membuat orang terpingkal – pingkal dan makin yakin bahwa ia melakukan white lie.
Kalau ia berbohong, bukan berurusan dengan pekerjaan. Justru ia berusaha melindungi privacyku dan personal lifeku.

Masih kuingat, 2 tahun yang lalu, ketika kita sedang berdiskusi menggunakan notebookku dan ditampilkan di LCD screen, dan saat itu menjelang jam pulang bekerja, aku akan mematikan laptopku, dan tiba – tiba tanpa kusadari, display wall papernya adalah foto seseorang – anak kemarin sore, yang diledeki temanku, waah aku suka ‘brondong’ - yang membuat teman- temanku satu project menjerit. Naah, saking paniknya dan ingin melindungiku, si sohib ini buru2 mencabut kabel saklar LCD agar foto segede gajah itu tak tampak lagi. Dan tak cukup sampai di situ, ia masih berusaha berkata “ Aku gak tau apa – apa lho,…aku gak ikut – ikut lho !!!” yang membuat teman – teman satu ruangan tergelak , karena makin menampakkan kebohongannya !!! Dan aku dengan cueknya berkata “Waah ini sih anggap aja Cosmopolitan man of the month “ Tiap bulan covernya ganti – ganti,.tinggal download dari internet !!! Mau Brad Pitt, Johnny Depp, dsb,..tinggal comot satu. Cuek juga kukomentari,..’namanya juga wall paper dan screen saver, ya mesti pasang yang ‘seger – seger’ buat dilihat dong !! Masa’ mau pasang Robert Redford atau Robert De Niro yang sudah penuh keriput ?’

Sejak saat itu, si sohibku suka diledek teman – teman dengan sebutan si ‘aku gak tahu apa – apa.’ !!
Sementara ia juga konsisten melindungiku, jika aku mengambil cuti untuk personal matters, ia akan mengatakan kepada teman – temanku yang suka usil ingin tahu,..bahwa aku sedang berlibur bersama anak – anak.. Untuk ‘jasa baik’nya dan kecemerlangannya ber’white lie’ ,.aku selalu mengoleh – olehinya upeti.

White lie diperlukan untuk melindungi kita dari gosip murahan yang orang lain tak perlu tahu,..karena ada sisi kehidupan kita yang tak perlu dibuka untuk orang lain.

Cilandak, 28 Juni 2006
11.00 am

No comments: