Saturday, June 17, 2006

MENANGIS DAN AIR MATA


Dalam keadaan tertekan tanpa daya dan stress , apa yang dapat dilakukan oleh seorang wanita selain menangis ? Menangis menjadi pelepasan emosi : kekecewaan, kesedihan, kekesalan, kemarahan, yang tak terlampiaskan.., yang hanya bisa tersalurkan melalui tangisan.

Kita juga menitikkan air mata (tetapi bukan tersedu – sedu) saat diliputi perasaan bahagia yang mengharu biru.

Menangis juga kita lakukan, manakala kelenjar air mata kita terangsang oleh pedasnya uap irisan bawang, atau oleh pedihnya asap tebal.

Bahkan anak kecil dan bayi, juga mengekspresikan emosinya dengan menangis. Jika bayi lapar, ia akan menangis. Jika kencing dan BAB, akan menangis. Jika merasa tidak enak badan, menangis juga. Sehingga menangis adalah cara berkomunikasi yang efektif bagi bayi terhadap manusia di sekelilingnya.

Dulu, sering dikatakan oleh orang tua : jangan sering menangis,..cengeng !!! Apalagi jika yang menangis adalah laki – laki !! Seolah menangis merupakan sesuatu yang tabu bagi laki – laki. Sehingga orang cenderung menahan air mata.

Padahal, air mata benar – benar membuat kita merasa lebih baik. Mata melalui kelenjar air mata, membuat air mata untuk membersihkan diri sepanjang waktu.

Tetapi, jenis airmata yang diproduksi ketika kita sedih,senang berbeda dengan ketika kita merasa marah, atau gatal .

Menangis justru membantu menyeimbangkan emosi kita, melepas stress kita pada saat perasaan berubah drastis. Dengan menangis, air mata emosional mengeluarkan zat yang membuat kita stress, dan sesudah kita menangis, dan menyingkirkannya, perasaan yang tidak menentu akan menjadi tenang, dan kita merasa lebih baik.

Dalam keadaan tidak menangispun, mata kita selalu dibasahi oleh cairan yang dikeluarkan dengan cara berkedip hingga 20,000x sehari.

Cairan ini mengandung natrium (garam) dan zat anti bakteri yang membuat mata tetap bersih.

Mata kita juga terhubung dengan saluran yang berhubungan dengan hidung, sehingga jika kita menangis sesenggukan, maka air mata kita juga akan keluar melalui hidung!!

Bila kita menahan air mata, akan berakibat buruk bagi kesehatan. Karena kita tidak menyatakan perasaan dari dalam, maka kita akan menghadapi resiko menjadi lebih kalut, yang akan berpengaruh buruk terhadap imunitas tubuh. Kita akan rentan terhadap bakteri dan virus penyakit, dan lebih mudah jatuh sakit

Maka jika kau merasa sedih, kesal, kecewa, bahagia,…. menangislah !!

Karena menangis itu sehat !!!

BNI, 17 Juni 2006

05.00 am

No comments: