Tuesday, June 27, 2006

J3 KE PERTH…..(anian) : sebuah kenangan


(Ini foto sementara, sebelum aku bisa mengambil foto Perth Jum'at nanti !!)

Aku masih ingat, selama bertahun – tahun, hari Jum’at merupakan hari yang ditunggu – tunggu oleh kami ..TGIF (Thx God It’s Friday) !! Bukan karena hari krida dan hari berolahraga bersama (memangnya pegawai negeri,…yang ada acara olahraga bersama !!)

Apalagi jika sudah menjelang jam 11,..maka hebohlah anak – anak kantor saling menanyakan,….siapa yang akan pergi ke Perth…!!! Waah keren abis, jika Perth di sini adalah Perth di Ozi,..!! Sayangnya Perth…di sini adalah singkatan dari Pertanian,.yaitu tempat sholat Jum’at dekat Ragunan, yang dulu menjadi tempat sidang mas Tommy !!!
Naah di sinilah asas manfaat berlaku : sekali merengkuh dayung, 2 -3 pulau terlampaui !! Jika dilakukan survey, aku yakin lebih dari 50% karyawan yang jumlahnya 300 ratusan itu akan memilih untuk JJJ (Jalan – Jalan Jum’at) ke Pertanian !! Karyawan pria melakukan sholat Jum’at, dan kendaraan mereka – motor, dan mobil – pasti dipenuhi karyawan wanita yang mau nebeng ke Perth. Jarak yang dekat menuju ke sana – 5 – 7 menit – seharusnya cukup membuat mereka berangkat pukul 12 !! Tetapi ternyata mereka sudah berangkat sejak pukul 11.30 . Supaya dapat J3 ke berbagai lapak pedagang yang memenuhi area luas di sana !! Bahkan kita suka becanda mengatakan : teman – teman melakukan thawaf dan sa’i di Pertanian…sebagai persiapan sebelum naik haji !!!
Jika aku ke sana,..maka karyawan wanita di departemenku akan beramai ramai ikut aku,…hingga pernah 10 orang masuk semua !!! Persis seperti di angkot yang cuma boleh duduk dengan ½ bokong !! Tetapi mereka tahu bahwa aku tak mau memolorkan waktu istirahat (huuuu gak seru,..katanya !!) Aku akan minta mereka berkumpul pukul 12.45,..di depan mobilku. Jika mereka tak kumpul,..maka akan kutinggal . Dasar cewek – cewek,..maka mereka yang suka J3 lama,.akan memilih pulang naik angkot atau nebeng karyawan lain. Mukaku suka kutekuk, karena karyawan wanita di dept.ku khusus hari Jum’at baru kembali dari J3 sekitar pukul 13.30 !!! Padahal mereka sudah mulai keluar sejak pukul 11.30.
Ada juga yang suka meledekku : Mbak (mereka biasa memanggilku ‘mbak’,.dan bukan Ibu,.karena lebih akrab,.dan ke-2 : ‘kali karena aku memang terlihat lebih muda dibanding usiaku ,.cieee!!),…koq gak gengsi sih,…berpanas – panas J3 ke Pertanian ??? Sementara rekan – rekanku yang lainnya lebih memilih ke PIM atau CiToS . Naah,..memang hak untuk mendapatkan barang murah cuma milik mereka ???

Di sana banyak sekali pedagang yang berjualan – terutama pakaian -, juga barang – barang buatan Cina yang 10 ribu 3, CD, DVD, …dan berbagai macam makanan dari yang mentah : sosis, nuget, hingga yang siap saji SGPC, gudeg, nasi padang, soto mie, hingga pernak - pernik kue lemang dsb. Saat hari Jum’at, kantin kantor akan menjadi sepi, karena karyawan lebih memilih makan siang di luar !! Kadang ada juga teman yang ingin berhemat, maka ia akan makan di kantin setelah kembali dari sholat Jum’at.
Rasanya seperti melihat Ps Tanah Abang pindah !! Kelas produknya ya seperti di Tn Abang !! Tetapi dari sisi harga, Tn. Abang tetaplah yang termurah.
Mayoritas pedagangnya dari Padang !!! Memang seng ada lawan, ya..orang Padang !
Setiap pulang dari Pertanian,..teman – teman pasti membawa tentengan !!! Terutama jika awal bulan, maka hampir semua karyawan, terutama bagian produksi juga akan berbelanja di sana.,.karena mereka merasa harga yang ditawarkan lebih murah Selalu ada justifikasi untuk barang – barang yang dibelinya..dari untuk anak, suami, diri sendiri, arisan, dsb !!!!
Satu ritual yang tak pernah ketinggalan kulakukan setiap ke sana : makan gudeg komplit Moro Seneng, yang bikin ketagihan !!! Aku tak ingin membeli apa – apa, selain makan gudeg !!

Pernah juga aku membelikan jepit dan ikat rambut untuk anakku. Tahu apa komentarnya ??? Waah, ibu pasti beli di Pertanian, ya ??? Waktu kutanya bagaimana ia tahu,.ternyata jepit yang kubeli bukannya berpasangan : kiri dan kanan, melainkan kiri dan kiri…hahaha!!! Dan sesudah dipakai 3-4x,…jepit dan ikat rambut tsb. akan rusak !! Anakku bisa juga membedakan barang murah dari barang yang dibeli di gerai asesoris di Citos !!

Karyawati kantor ada yang dengan bangga memamerkan pinky ‘high heels’ shoesnya yang kutaksir berharga di atas 50 ribuan jika di Matahari,.ternyata di sana hanya 25 ribuan !!! Mungkin sambil berharap,..semoga bisa digunakan hingga setahun !!

Ada juga mukena ex Padang (bukan Padang ya,.tetapi kota kecil di SumBar yang terkenal karena hasil sulaman bordirnya,.Cuma aku lupa namanya !!!) yang penuh bordir indah, tetapi harganya sudah menjadi 2x harga di sana,..600 ribu !! Ya sudahlah…lebih baik tidak usah membeli !! Kecuali jika mukena itu membuatku menjalankan semua sholat sunnah rowatib dan sholat malam !! (Sorry to Al,…I have no intention, buat menyebut Padang berulang kali di sini. Karena memang masih relevan dengan topik yang kubahas !!! Nanti lain kali kalau kubahas besi tua,..pasti kusebut nama Madura berulang kali !!)

Sekali waktu, rasa isengku muncul melihat produk kosmetik ex Cina, yang dijual dengan harga super murah. Tahu kan,.tak ada nomor registrasi,…menjadi pertanda bahwa bahan baku yang digunakan, tak bisa dijamin keamanannya saat dipakai !! Nah, setelah seminggu menggunakan lipstick tsb. secara rutin, maka bibirku yang semula merah muda,.. (tetapi tidak merekah seperti bibir Angelina Jolie !!) berubah menjadi kehitaman seperti perokok berat !! Akhirnya kuhentikan memakainya,..karena kuyakin warna yang ada dalam kosmetik tsb tidak menggunakan pigmen warna yang diperbolehkan, sesuai standard FDA (Food & Drugs Association). Memang mesti diakui,.ada harga, ada rupa !! So,.pilihlah produk kosmetik yang memiliki nomor registrasi Badan POM : CD untuk produk dalam negeri atau CL untuk produk import, sebagai jaminan bahan baku kosmetik tsb.aman digunakan untuk kulit kita.

Aku yang sudah biasa ke Bintaro Jongkok setahun terakhir ini,.sudah tak pernah lagi ke Perth. Karena merasa suasananya, jenis produk yang ditawarkan, kualitasnya,..semuanya jauh lebih baik di Bintaro Jongkok. (Tetapi bukan cuci matanya ya,…laah di Bintaro Jongkok isinya keluarga yang baru jogging atau naik sepeda !! Kalau mau cuci mata, di CitoS tempatnya !!)

Perth juga telah kehilangan 300an potential customersnya !! Jika setiap minggu ada 50%nya saja yang ke Perth dan berbelanja minimal 20 ribu,…maka dalam seminggu, setidaknya telah kehilangan omzet 3 juta rupiah !!! Jika sebulan, maka 12 juta rupiah, dan dalam setahun 144 juta rupiah !! Sungguh suatu nilai yang lumayan tinggi !!

Tiga minggu yang lalu,…aku untuk pertama kalinya J3 ke Pertanian. Tetapi saat itu suasananya beda sama sekali,…aku pergi sendiri,..tanpa ada yang menumpang di mobilku..,.juga tak ada lagi yang meminta ijin untuk kembali agak telat !! Benar – benar senyap,.dan ada yang terasa ngilu di hati ketika kenangan masa lalu itu melintas sesaat.
Aku tercengang setelah tahu lahan yang disediakan untuk pedagang menjadi sempit !! Semua dipenuhi tenda biru,..dan jarak antara pedagang sedemikian rapat, sehingga calon pembeli tak leluasa dan tak nyaman untuk berhenti sekedar menawar harga. Hingga aku kesulitan bernafas, karena sempit dan pengapnya antar tenda, yang tak memungkinkan mendapatkan udara segar dengan leluasa. Claustrophobiakupun kambuh !! Buru – buru aku keluar dari ‘jebakan’ kepengapan tsb.

Pertanian kini telah kehilangan gregetnya !!! Tak ada lagi lapak –lapak lebar dengan calon konsumen yang melenggang sambil berpayung di jalan setapak . Pertanian kini tak lagi menawarkan kenyamanan berbelanja (aduuh kakak..kalau mau nyaman ya di PIM atau Ps Tanah Abang hasil Renovasi Blok A dan D)

Hasil perburuan yang kudapat hanya keset kamar mandi, dan bujukan ex karyawan yang sekarang menjadi dealer suatu produk kesehatan untuk melangsingkan tubuh. Obsesiku untuk menghilangkan berat sekitar 4 kg –agar kembali ke 42 kg - yang terkonsentrasi tak merata di daerah tertentu, membuatku membeli produk milk shake dan obat detoxnya. Milk shake ini berfungsi sebagai pengganti makan pagi dan malam. Katanya sih,..jika sudah minum milk shake ini akan kenyang hingga makan siang tiba !! Tetapi nyatanya, baru pukul 9 pagi, perutku sudah melilit (aku tidak mau menggunakan istilah keroncongan,..kasihan pak Gesang !!) dan obat detox yang kuminum, membuatku ingin kencing berulang kali. Sehingga baru bisa meminumnya saat tiba di kantor,..agar dekat dengan toilet.

Pertanian kini hanya tinggal kenangan….kudatangi sebagai nostalgia semata.

( Bd,.kamu yang kantornya dekat,..mesti coba J3 ke Perth,. ya ??? Bisa dapet pernak pernik lucu buat Tika tersayang !!)

BNI, 27 Juni 2006
Ketika mata tak mau terpejam, 03.00 am

No comments: