Tuesday, June 20, 2006

AKU BUKAN SELEBRITI !!


Judul yang menggelitik telinga ini kubuat ketika beberapa hari yang lalu, teman sekantorku dengan nada iseng dan keingintahuan yang luar biasa besar – pantas diangkat sebagai wartawan tabloid gosip ibukota – bertanya padaku : “Dengar - dengar, mau ganti mobil yang lebih besar, ya??” Dengan nada sebal, karena ia selalu jadi orang yang lebih tahu dari sumber berita, kujawab santai “Eeh,.dari mana gosip tadi ? Aku malah sudah bosen naik mobil besar, dari Kijang sampai Innova,..malah gak enak !! Susah melewati jalan – jalan sempit dan kecil di sepanjang jalan menuju sekolah anakku, dan tidak lincah menyelip di antara kerumunan mobil. Aku senang dan puas menggunakan mobil Renault Clioku yang kecil ini. Setiap pergi, cukup membawa keluarga inti, dan tidak perlu mengingat keluarga besar : teteh, nenek, mamak, dsb untuk dimuat di sana !! Juga meniadakan nafsu membeli mebel atau barang elektronik ukuran besar, yang biasanya selalu muat masuk di mobil Innova !!”
Masih belum puas,..aku sembur dia dengan pernyataan,..”Sudah deh,.aku kan bukan selebriti !! Jadi daripada bergosip,.mending kerja saja,.fokus ke sana !! Sambil memikirkan what next,..kita akan ke mana ??? Itu lebih bermanfaat !!”
Padahal aku tahu pertanyaan dia adalah pertanyaan bersayap,…yang ingin menggarisbawahi bahwa di tempat kerjaku yang baru kelak, aku akan mendapat fasilitas mobil dengan plafon lumayan besar, jauh di atas yang dulu kudapat, yang akan menjadi milikku setelah 5 tahun bekerja.

Dunia kerja, bukanlah dunia yang bebas dari gosip iseng !!! Aku orang yang tertutup untuk bercerita tentang kehidupan personalku. Kecuali ke seorang teman kerjaku yang sudah kuanggap seperti saudara sendiri, dan benar – benar menjadi sahabatku. Hanya 1 – 2 orang saja yang mengetahui next planku – karena mereka memang berhak tahu tentang hal ini karena menyangkut deliverable milestone pekerjaanku saat ini, yang juga berdampak pada mereka –. Dan aku terperangah ketika si Mr Curious ini menanyakan padaku mengenai company A, B, C, di mana aku pernah diapproach !!! Padahal tak satu kalimatpun keluar dari mulutku tentang hal ini !!! Dengan cueknya aku bilang,…selama belum ada written agreement tentang hal ini,..maka aku tak akan buka suara,,..karena segala sesuatunya belum pasti !!! Sekalipun sudah pasti, jika aku belum memulai bekerja, aku tak ingin berbagi cerita dengannya !!
Apa sih, yang pasti dalam hidup ini, kecuali ketidakpastian itu sendiri ?? Naah yang namanya pasangan menikah saja bisa cerai, tunangan saja bisa putus,….apalagi yang baru berjanji saling setia, dan tak ada komitmen tertulisnya !!! Aku jengkel sekali,.tetapi sudah tak ingin berkomentar lebih jauh lagi.

Dua tahun yang lalu, aku adukan si Mr Curious ini ke sahabatku, karena ia – yang pernah bekerja dalam 1 project denganku, hingga aku suka diledek teman – temanku karena ia memberi perhatian lebih kepadaku dibanding kepada anggota team lainnya – pernah melontarkan kata – kata – yang mungkin diucapkannya secara tak sadar dan tak disengaja – tetapi bagiku sudah masuk kategori pelecehan seksual. Waktu itu ia berucap padaku : ‘Kapan ya, bisa dikeloni?’… Laah,.emangnya aku guling apa selimut ???? Aku sampai menangis saat itu. Padahal aku selalu ‘galak dan ‘judes’ padanya. Setiap diskusi, selalu kita beradu argumen hingga seperti perang Bharatayuda. Anehnya, setiap ada project di mana ia ditunjuk sebagai project leadernya, ia akan selalu meminta aku terlibat di sana, tak peduli aku berasal dari departemen yang berbeda.

Setelah kejadian itu sikapku padanya berubah….dan hanya bicara seperlunya dan pendek – pendek. Tak pernah mau menanggapi celetukannya. Hingga sahabatku menjadi penengahku, sewaktu ia dimintai nasihat oleh Mr Curious ini. Akhirnya sahabatku mengatakan padanya, kalau ia berbuat salah, seharusnyalah ia meminta maaf padaku. Mr Curious meminta maaf padaku, tanpa tahu apa perbuatan tidak menyenangkan yang membuatku marah.

Gosip yang berkaitan dengan pekerjaan –sekalipun tidak benar - , aku masih bisa menerimanya. Dan aku akan jelaskan kepada mereka yang bertanya padaku. Aku hanya sekedar meluruskan saja.

Percaya atau tidak,..aku orang yang tak pernah peduli dengan kehidupan pribadi seseorang di kantor !! Mau punya pacar di luar,,..mau selingkuh,..sepanjang kerja profesioanl dia OK, dia tak mangkir, tak datang terlambat, laporannya tepat waktu dan akurat, itu sudah cukup bagiku !!
Karena KPI (key performance indicator) dan PDP(Performance Development Process) seseorang tidak dinilai dari kehidupan pribadinya.
Karena kecuekanku itu,..maka aku selalu jadi orang yang ketinggalan kereta dan paling akhir mengetahui berita - berita gosip (kantor maupun pribadi) semacam itu. Boro – boro bergosip ria !! Tanpa acara bergosip saja,,.,..pulang sudah larut malam dan masih sering membawa pekerjaan ke rumah !!
Sehingga setiap teman – temanku bercerita mengenai latest gossip yang sedang beredar, yang bisa diragukan kebenarannya,…aku cuma terbengong – bengong saja !!

Bila suatu gosip sudah menyangkut masalah kehidupan pribadiku,…maka tak satupun orang yang bisa mengutak – ngutik wilayah privasiku tsb. Juga ketika presdirku bertanya padaku,..apakah saat ini aku sedang menjalin hubungan dengan seseorang,..seperti yang disampaikan oleh pemberi info yang tidak layak dipercaya itu,.maka dengan terbahak – bahak kusampaikan bahwa berita itu sudah basi,..sudah lewat sekian tahun silam !!! Malah kusampaikan,…mungkin ia bisa membantuku supaya jangan hanya berhenti di tahap ‘prospecting’ melulu,..dengan beberapa potential customers,..tetapi tak ada yang berhasil di’appointing’. Hingga kita berdua akhirnya terbahak – bahak.

Hal paling berbahaya justru datang dari orang kepercayaan kita, sopir kita.
Sopirku pernah kudamprat habis – habisan suatu hari, karena gosip tak benar yang beredar di kalangan sopir.
Sampai kuancam dia, tugas dia adalah mengantarkan aku pergi ke mana yang kukehendaki. Pergi ke mana, bersama siapa, dalam rangka apa, itu bukan urusan dia. Apabila sampai ada berita tak benar tentang aku,...maka dia orang yang bertanggungjawab !! Dan dia bisa berhenti bekerja hari itu juga !!

Dan yang lebih menyedihkan, ketika di antara para sopir yang super ember itu ada berita gosip yang tak mengenakkan dan tak benar, yang disampaikan ke telinga istri sahabatku !!!
Saat jelas – jelas beberapa hari aku ke luar negeri untuk tugas kantor, dan digosipkan sebagai untuk bertemu dengan seseorang di sana !!! Gila betul ‘kan ??

Tak perlulah aku menjadi Mrs No Comment !!
Begitulah hidup,..kadang ada masanya angin puting beliung bertiup kencang menggoyahkan pepohonan,...tetapi ada kalanya angin bertiup pelahan, hingga tak mengusik kehidupan kita.

Satu hal yang kupegang : aku yang paling tahu apa yang terjadi dengan kehidupanku. Selama aku melakukan segala sesuatu di jalanNya, kenapa mesti takut ? Dan aku bertanggungjawab atas segala tindakanku !!

On the way to office, 20 Juni 2006
08.20 am

No comments: