Wednesday, June 28, 2006

PRE WEDDING PHOTO SESSION : BISNIS MENGGIURKAN


(itu putih - putih di back ground ujung kiri bukanlah 'penampakan' tetapi adalah calon pengantin yang sedang difoto)

Sewaktu sedang ke Kawah Putih Gn. Patuha – Ciwidey, Bandung , aku bertemu dengan pasangan calon pengantin (surprise !!) yang mengambil sesi foto untuk dicantumkan di undangan pernikahan, di lokasi ini !!!
Waah,.luar biasa sekali usaha dan semangat calon pengantin ini,..berbaju putih - putih ala mevrouw dan meneer di awal abad ‘20an, dengan payung putih mengembang , melakukan berbagai pose yang melelahkan ditingkah bau sulfur yang menyengat dan udara dingin – 10 derajat celcius – yang menusuk !! Dan mesti terus tersenyum pula !!!
Lokasinyapun bukan dibilang mudah untuk dicapai….karena untuk mengejar unsur artistik, si pengarah gaya memilihkan lokasi di ‘pulau kecil’ di dekat kawah. Masih diiringi hujan rintik –r intik,…si calon pengantin tak hiraukan hujan yang menerpa tubuh (dijamin sampai di rumah masuk angin, dan siap dikeroki !!!). Hingga aku dan teman – temanku selesai melepaskan penat di sana - +/- 2jam -, sesi foto ini tak juga kunjung usai. Luar biasa !!

Yang kukagumi dari gejala foto pengantin yang muncul di kartu undangan pernikahan adalah ide kreatif yang muncul di balik semua ini !!! Semakin panjang aktifitas atau ritual yang mesti dilakukan si calon pengantin !! Bukan cuma berendam rempah dan susu selama seminggu, agar kulit ‘kinclong’ dan semua daki terangkat – terutama jika menggunakan pakaian pengantin kebesaran gaya basahan Solo, dengan model dodot, yang menabukan lengan besar dan kulit kusam -, melakukan ratus ken dedes agar vagina wangi di malam pertama – laah mana bisa wangi,.kena pipis juga sudah hilang lagi bau si ratus wangi !! Kecuali kalau mau menahan pipis 1x24 jam - tetapi juga berfoto ria demi kartu undangan yang mesti tampil menawan dan mengagumkan para mantan pacar !!!!
Hari geneee,..jerawat, wajah tak mulus, kulit tak putih,.bukanlah masalah !! Semua dapat diperindah dengan program Adobe Photoshop. Tetapi tetap saja tidak meniadakan semua masalah !!
Kalau calon pengantin photogenic,.maka tak jadi masalah !! Tetapi bagaimana jika si calon pengantin tak photogenic ??? Hmmm…bisa jadi akan ada komentar ‘miring’dari penerima undangan. Belum lagi komentar ‘hmm….calon pengantin perempuannya imut – imut,.tapi yang laki amit – amit. Pasti yang laki anak orang kaya ‘ya ???” Atau komentar seperti yang kudengar dari temanku ketika menerima undangan dari teman kantor : “Loooh,…koq calon pengantin prianya bukan yang kacamataan dan tiap hari jemput si Iteung di kantor ??” Bersiap –siaplah menerima komentar nyinyir dari kritikus dadakan.

Nah,.jika sudah demikian,.apakah kita masih ingin memasang foto kita di kartu undangan,..yang akan mengurangi unsur surprise, dan menambah tebal kocek para pelaku bisnis sesi foto pra pernikahan ??? Padahal sesudah usai tanggal pernikahan, kartu undangan dengan wajah calon pengantin yang ‘keren abeezzz’ ini akan berakhir di tempat sampah…..

Cilandak, 28 Juni 2006
16.50

No comments: