Monday, June 26, 2006

HADIAH TERINDAH UNTUK ANAKKU




Anakku perempuan sebentar lagi berulang tahun. Hanya selisih 15 hari dengan kakaknya. Berbintang sama, Cancer,..sama – sama keras kepala dan jika sudah punya suatu kemauan, akan berkeras mewujudkannya !!

Enaknya, waktu kecil aku bisa menjalankan ‘paket hemat’ buat mereka berdua. Caranya : aku cukup membeli 1 black forest saat ulang tahun Ewo, 25 Juni. Dan pada tgl tsb aku akan memotret Ewo dengan lilin ulang tahun sebanyak hari ulang tahunnya. Kemudian, aku juga memotret anakku perempuan – hanya untuk keperluan mengabadikan kenangan – dengan kue black forest Ewo, dengan lilin ulang tahun sesuai usia anakku perempuan. Saat Aya berulang tahun, aku tak perlu lagi membeli kue black forest, dan cukup makan bersama di luar.
(Ia tak mau lagi dipanggil ‘Aya’ oleh teman – temannya !! Ia selalu memperkenalkan diri sebagai ‘Saskia’,…karena nama ‘Aya’ menurutnya kurang indah!!. Padahal dulu waktu kecil, ia suka kuolok – olok dengan panggilan ‘Woro Ciblon’ seperti tokoh karikatur seri ‘Panji Koming’ di Kompas – Minggu, gara – gara ‘chubby face’nya )

Mereka selalu berulang tahun saat libur sekolah, sehingga tak pernah mengundang teman – teman sekolahnya. Paling juga 1-2 sahabat dekatnya.Biasanya mereka memilih sendiri hadiah ulang tahunnya.

Semakin besar anakku, semakin sulit permintaannya kupenuhi. Seperti 2 tahun yang lalu, ketika Aya meminta kado ulang tahun kamar yang terpisah, di mana ia bisa menata kamarnya sesuai seleranya !!
Akhirnya sebulan kemudian, permintaannya kupenuhi dengan pindah rumah yang lebih lega, sehingga masing – masing punya kamar , dan masih bisa menerima teman – temannya di kamar masing – masing. Terutama Ewo yang bebas leluasa mengajak teman – temannya bermain di ruang atas. Ada satu permintaan Aya yang belum kupenuhi : mencat kamarnya dengan warna hitam !!! Agar padu dengan semua warna !! Tetapi ia lupa, warna hitam selalu memberi efek ‘sempit’ dan ‘mengecilkan’ ruangan.

Kemarin, 15 hari menjelang hari ulang tahunnya ke-12, ia mengajukan permintaan yang rasanya entah kapan aku akan bisa memenuhinya !!! Permintaan yang membuatku hanya mampu menatap langit – langit kamar, ..karena kutahu ‘it’s a long and winding road to bring the most valuable gift for her’……
Hadiah yang tak terukur nilainya……
Seandainya ia meminta hadiah yang bisa aku dapatkan dengan mudah di toko atau online shop,...akan kukejar untuk mendapatkannya !!!

Minggu depan akan menjadi penentu, apakah aku dapat memenuhinya dalam waktu singkat atau tidak.
Dan aku hanya bisa mengatakan padanya, untuk bersabar menunggu hingga hari ulang tahunnya tiba, untuk tahu apakah aku dapat mewujudkan keinginannya, memberikan hadiah terindah baginya….

Cld, 26 Juni 2006
16.00

No comments: