Saturday, October 29, 2005

YA ALLAH



Ya Allah,..
Ternyata aku cuma sekedar lalat yang sibuk dengan urusan duniawiku,..
Yang masih hirau dengan riang dan pedih karena kedekatan dan kejauhan dengan
Orang – orang yang disayangi,…
Yang masih marah, benci, karena tidak diacuhkan dena diperlakukan tak patut
Oleh orang – orang sekitar
Yang masih tak mampu meredam nafs amarahnya,
Yang masih tak bisa menahan nafsu memilikinya,
Yang lebih kuat mengikuti tarikan Nasut,..

Ya Allah,…
Betapa indah, juga betapa sulit ‘tuk mengambil jarak
Dengan segenap perasaanku,….
‘tuk tak hirau dengan tetek bengek duniawi,
‘tuk tak silau pada kemilau harta nan memabukkan,.
‘tuk tak peduli pada tanggapan orang lain,..
dan terus lakukan kebaikan,.betapapun buruk tanggapan mereka,…
(ah,.aku kan muslim, dan bukan umat Kristiani
yang menganut falsafah ‘bila ditampar pipi kirimu, maka berikan pipi kananmu’)

Ya Allah,
Alangkah indahnya tasawuf,..
Yang meminimalkan urusan dunia,..
Yang mengutamakan kebersihan hati dan niat kita,..
Yang berusaha sedekat mungkin denganMu,…
Tiap saat,..di manapun berada….

Ya Allah,..
Aku bukanlah Rabi’ah al Adawiyah, ataupun al Hallaj,..
Yang mencintaiMu semata,..
Yang menihilkan cinta pada kekasih – sesama manusia –
Yang mengabdikan seluruh hidupnya
‘tuk mencarimu…

Tetapi ya Allah,…
Aku mohon,..
Biarkan aku mencintaiMu…
Jauuuuh di atas permainan dunia,..
Sadarkan aku,..
Tak layak ‘tuk bersedih atas kehilangan orang – orang terkasih,
Dan harta dunia,..
Tak patut tuk berlama – lama habiskan waktu
Mencumbu urusan dunia…
Tak pantas ‘tuk merasa memiliki dan bangga atas pencapain duniawi,..
Kar’na sesungguhnya,..
Itu kar’na kuasa dan kehendakMu,..
Yang memungkinkan semua terwujud…..
Kar’na ‘kepemilikan’ atas nikmat duniawi itu,…
Sebatas hitungan sekejap waktu dan hanya sementara,…
Kar’na semua di dunia ini
TitipanMu dan milikMu semata,..
Menjadi kewajiban kami ‘tuk menjaga amanahMu

BNI, Ramadhan ke -21, 29 Des ‘99
06.15

No comments: