Tuesday, July 31, 2007

Semua berawal dari NIAT


Sebelum kita melakukan suatu perbuatan atau tindakan, sebenarnya semua diawali dengan niat. Niatlah yang menentukan perbuatan atau tindakan kita baik atau tidak.

Sama seperti halnya dalam pekerjaan,.....maka ’niat’ merupakan ’process’ dan tindakan atau perbuatan yang kita lakukan merupakan ’result’nya !!!
Semestinya ’result’ yang baik, dicapai dengan ’process’ yang benar, dan bukan dengan ’process’ yang menghalalkan segala cara.
Demikian pula sebaliknya, jika ’tindakan’ atau perbuatan kita kurang memuaskan ’result’nya, sepanjang ’pocess’nya benar : yaitu dimulai dengan niat yang baik, maka seharusnyalah kita menghargai tindakan tsb

Yang menyedihkan adalah : apabila ternyata perbuatan atau tindakan yang tampak ‘baik dan manis’ itu, memiliki ’niat’ yang buruk,....dan lebih parahnya jika kita bahkan tak mampu menengarai niat buruk tsb,...hingga akhirnya tersingkap !!

Seperti yang selalu disebut dalam agama, bahwa jika kita berniat melakukan suatu kebaikan, tetapi belum terlaksana, dan baru sebatas niat, maka itu sudah dihitung sebagai suatu pahala. Sebaliknya, jika kita telah punya niat buruk, tetapi belum dilaksanakan, maka Allah Maha Pengampun, dan tidak memperhitungkannya sebagai suatu dosa.

Maka sebaiknya tindakan atau perbuatan apapun yang kita lakukan, mesti diawali dengan ’niat yang mulia’, yaitu : ’karena Allah ta’ala’ semata !!!


In my cubical room – Aug 1,’07
12.40 pm

No comments: