Wednesday, July 11, 2007

NVA – Non Value Added



Thx to situation that forced me to be more selective choose my activity, and to whom I’ll spend my limited time

Semakin bertambah usia kita, semakin sempit waktu kita untuk melakukan hal – hal personal di luar rutinitas aktifitas kerja !!
Maka sudah semestinya kita mulai memilah dan memilih aktifitas apa saja yang memberikan kontribusi positif terhadap hidup kita,....juga dengan siapa kita berinteraksi, yang akan memberikan pencerahan dan membuat diri kita berkembang !!
Karena waktu yang terbatas pula, maka sebaiknya juga kita pasang alarm ’waspada’ untuk setiap ‘aktifitas baru’, ‘orang baru’ yang mulai masuk ke kehidupan kita,…dan mulai melatih kepekaan perasaan, intuisi, nalar....dan hati nurani kita !! Agar kita memiliki kemampuan menyeleksi sejak dini ke-2 hal tsb,…dan tak ada toleransi dan pengecualian untuk ke-2 hal tsb !! Sehingga kita tak perlu lagi menghabiskan tenaga, pikiran, perhatian, dan waktu berlama – lama dengan orang yang salah, dan aktifitas yang non value added tadi !!

Kita tidak akan melakukan ‘rework activity’ untuk mengubah aktifitas atau seseorang yang dalam status ‘kurang baik’ menjadi ‘baik’,..karena terbatasnya waktu dan energi kita !! Pun tak ada jaminan kesuksesan melakukan rework activity, sehingga tak sebanding dengan upaya, energi, waktu, dan biaya yang dikeluarkan untuk mengubah ‘non value added activity’ dan ‘non value added person’ menjadi ‘a better one’ !!
Sekali kita tahu bahwa aktifitas atau seseorang tsb tidak memenuhi spesifikasi dan standard NVA, maka langsung kita bisa me'reject'nya ! Dan tak perlu lagi memberi toleransi dengan memperlebar standard spec. hingga "KW2", dan"KW3" !!

Jadi,..dengarkan suara nuranimu saat pertama kali kau berinteraksi dan beraktifitas !! Itulah suara kebenaran yang sejati !

On d way to my office, July 12’07
07.50 am

No comments: