Saturday, July 14, 2007

DIFFERENTIATION


Aku kagum pada seorang temanku di kantor, yang di waktu senggangnya di akhir pekan menggunakan waktunya untuk memasak kue !! Hebatnya bukan sekedar kue seperti yang banyak ditawarkan orang lain,…tetapi ia membuat product differentiation yang jelas !! Produknya menawarkan gaya hidup sehat, rendah kalori, dengan pilihan bahan baku yang prima !! Untuk mengkompensasi hasrat makan enak, tetapi dengan kalori tetap terkontrol, maka ia memilih bahan baku yang berbeda : seperti untuk mendapatkan ‘butter’ maka ia sama sekali tak menggunakan butter atau margarine, tetapi lemak didapat dari almond yang digunakan dalam jumlah banyak, sehingga akan keluar ‘oil’nya secara alami!! Demikian pula dengan tepung terigunya, ia tak menggunakan tepung terigu standard yang diolah oleh Bogasari, melainkan menggunakan tepung terigu import. Untuk gulanya, ia tak menggunakan gula putih, melainkan gula khusus , gula merah yang ia yakini lebih baik untuk kesehatan kita !!



Ia tak mempunyai banyak pilihan produk untuk ditawarkan, karena semua memiliki proses trial dan error yang panjang.


Harga yang ia tawarkan bisa mencapai 3.5lipat lebih mahal dibanding harga produk sejenis yang tinggi kalori, dan menggunakan bahan baku standard seperti umum dijumpai di pasaran !! Itupun dia hanya mengambil margin 20% !!!



Yang menarik, banyak juga konsumen golongan ini, yang bersedia merogoh kocek lebih dalam untuk dapat memakan makanan enak yang berkalori rendah !!!


Hal yang sama juga kita temui : bahan – bahan makanan organik, dan resto makanan organik yang menjual dengan harga jauh di atas rata – rata makanan non-organik, untuk gaya hidup yang lebih sehat !!!



Seorang temanku, bahkan memilih focus di sector informal ini saat dia mendapatkan ide untuk menjual Zuppa Soup (crème soup dengan tutup roti semacam croissant di atas mangkuk) yang diiklankan sebagai ‘harga kaki lima, rasa bintang lima’. Dari seporsi Zuppa Soup yang dia jual di Floh Mak saat week end, dia berhasil mendapat 100 – 200 mangkuk @ Rp 9,000 per porsi !! Itupun masih ditambah di hari – hari lain dia menjual produknya di Taman Kota – BSD dan menerima order untuk acara ulang tahun dan pernikahan !!


Setahuku baru dia seorang yang membuka usaha kaki lima Zuppa Soup di Jakarta ini, sehingga diferensiasinya benar – benar jelas !!! Apalagi orang Indonesia terkenal suka mencoba sesuatu yang baru !!


Bisa jadi penghasilan yang ia terima dulu saat menjadi staff IT malah lebih kecil dibanding menekuni sector informal ini



Untuk desain interior, juga ada yang benar – benar kreatif, memanfaatkan kulit batang kayu manis (cinnamon) sebagai ornamen akhir dari produk furniturenya,…sehingga hasil akhirnya benar – benar eksotis dan …wangi kayu manis…!!! Saking eksklusifnya produk si pengusaha yang drg. ini, hingga ia menolak produknya untuk difoto…’no picture,…pls !’



Pesan moralnya adalah :



  • selalu ada niche market bagi produk – produk yang memiliki diferensiasi yang jelas , yang membuat kita tahu mengapa produk ini unggul, dan membedakan produk ini dibanding produk sejenis lainnya di pasaran !!!

  • di tengah kejenuhan pasar, dan makin kompetitifnya pasar, selalu ada peluang bagi orang yang kreatif, yang berani menawarkan sesuatu yang berbeda dibanding pesaingnya



BNI, 15 Juli ‘07


09.25 am

No comments: