Wednesday, July 11, 2007

UMBI BAWANG : MENGUPAS KEBENARAN


Thx to someone who inspired me to write this topic, someone who pretended being ‘Mr. Perfect & Nice Guy’,.. and preferred to cover the s**t with pandan leaves

Jika kita biasa memasak dengan menggunakan bawang, kita akan tahu bahwa bawang memiliki banyak lapisan.

Saat pertama kita mengupas kulit terluarnya, telah mampu membuat kita menangis karena perihnya zat yang dilepas oleh bawang tsb ! Setelah terlepas kulit terluarnya, maka masih banyak lapisan umbi tsb, yang bisa kita kupas satu persatu,…dan setiap kupasan , melepaskan perih di mata !!
Demikianlah analogi yang sama berlaku bagi kehidupan yang kita jalani !! Setiap upaya untuk ‘mengupas’ dan ‘menguak’ tabir kebenaran orang – orang yang dekat dengan kita, seperti memasang bom yang siap meledak sewaktu – waktu, karena kenyataan tak selamanya indah !!!
Dan yang tampak tiba – tiba adalah kepahitan, keburukan dan segala sifat aslinya !!
Kadang kita sendiri tak siap menghadapi kenyataan pahit karena realita tak berjalan seiring harapan kita !! Kita berusaha menghibur diri kita dengan berulang mengatakan : ‘aahhh,…ini pasti cuma kebetulan semata !! Ini pasti hal yang tak dikehendaki,…dan benar – benar cuma ketaksengajaan !! Bukan perilaku dan sifat aslinya untuk melakukan hal tercela tsb ! “ dan seribu pembelaan untuk menolerir kenyataan buruk yang terkuak satu persatu, adegan demi adegannya diputar di depan kita !!!

Semakin banyak kupasan terkuak,...semakin perih mata kita,.hingga air mata bercucuran !!! Begitulah kehidupan !! Kebenaran memerihkan hati,...tetapi menentramkan nurani kita, yang berani menghadapi kenyataan pahit,...dan memiliki jiwa ksatria untuk menuai celaan teman dan kerabat, karena berani mengakui keburukan diri !!!

Jangan memanipulasi sebagian dari fakta, demi kepentingan diri sendiri !! Juga jangan memutarbalikkan fakta,...dan mencampur fakta dengan kebohongan dan khayalan !!!
Jujur pada diri sendiri,....juga jujurlah pada orang lain !!

Kejujuran jadi sesuatu yang langka, di tengah kepura – puraan membungkus bangkai busuk dengan daun pandan, agar tampil cantik dan sempurna !!!

Bintaro toll road - on d way home,
July 11,’07 – 6 pm

No comments: