Monday, August 15, 2005

VINTAGE CLOTHING



Ini satu kebiasaan aku yang sulit dipercaya oleh orang lain : aku suka cari pakaian ‘jadul’,..zaman 70an,dengan model ethnic romantic kaya’ model gypsy , dengan hiasan embroidery, atau cari batik lawasan yang sudah lusuh dan pudar warnanya.

Batik lawasan ini bisa dijadikan pakaian tidur paling nyaman di dunia !! Sekalipun ada resikonya, karena sudah lusuh, pudar dan tipis kainnya, jadi mudah sobek. Sehingga jika kita sering memakainya, dan mencucinya,….bisa – bisa daster kita sobek di tempat – tempat yang tak terduga,..dan turun pangkatlah ia menjadi kain lap !!
Di mana berburu batik lawasan seperti ini ? Di Pasar Bring hardjo, atau pada saat ada pameran Indonesia Craft di JHCC.

Padanannya adalah kebaya encim, yang biasa digunakan encim – encim zaman dulu yang sudah almarhumah,…dan juga ditawarkan di Bringharjo dengan harga yang malah lebih mahal dibanding kebaya baru. Tetapi harga sekian ini relatif murah, jika mengingat kualitas bordir, renda, kain yang halus, yang jika tidak hati – hati mengenakannya, karena sudah berumur lebih dari 40 tahun,…akan koyak,.dan berbunyi ‘weeeekkk’…, dan tentu saja, yang paling seru adalah proses perburuannya,..sampai keluar masuk kampung di Solo, Yogya, dan sekitarnya, untuk menemukan kebaya encim yang antik ini, yang sudah turun diwariskan ke generasi berikutnya.
Yang membuat aku kecewa adalah,.ukuran dari kebaya encim ini zuppeer duppeer keeciiillll !!! Pertama,.karena kebaya ini sudah mengalami penyusutan ukuran, karena proses pencucian, kedua,..karena encim – encim ‘jadul’ memang ukuran tubuhnya Xtra keciilll. Sehingga aku yang biasa menggunakan pakaian berukuran Small pun tampak terlalu besar untuk memakai kebaya ini !!! Kaciiiaaan deh loe…, makanya mesti nurunin berat badan lagi, 2-3 kg, supaya bisa memakai kebaya encim ini.

Sayangnya, untuk vintage clothing selain batik lawasan , tidak mudah mencarinya. Di iklan koran, aku baru membaca ada 1 tempat di Kemang, di Ma Cottery yang menjual pakaian pesta Vintage Clothing.
Ini mengingatkanku pada gaun hitam putih berbahu terbuka, yang dipakai Julia Roberts di pesta pemberian Oscar, karya Valentino. ‘Spirit’nya adalah era 70an,.tetapi tampak keren dan tetap menampilkan sesuatu yang baru. Seperti lagu ‘repackage’….

Pesan moralnya adalah : orang ingin menampilkan kenangan masa lalunya, melalui simbol - simbol pakaian dan pernak – perniknya…., yang membuatnya berbeda dibanding orang lain…

BNI, Aug 15, 2005

No comments: