Saturday, August 27, 2005

BINTARO JONGKOK


Satu dari tempat favoritku untuk melalui week end adalah BJ (Bintaro Jongkok) ,..yang berlokasi di sebelah McD.
Tempat ini adalah adaptasi dari Sogo Jongkok di depan Ps Tanah Abang. Tetapi perbandingan yang menyolok adalah di BJ ini masih banyak ruang leluasa untuk berjalan, atau untuk menawar, tanpa perlu jongkok atau beradu pantat dengan pengunjung lain.
Jika hari Minggu, pedagang meluber tidak hanya di sisi dalam dari deretan Ruko sebelah McD, tetapi hingga bagian luar ruko, berbatasan dengan jalan di seberang Maleo.

BJ yang hanya buka dari pagi hingga pk 11 ini , menawarkan banyak hal,…mulai dari makanan kaki lima : masakan Medan, Yogya, buryam, sate, mie, hingga masakan china, dan internasional seperti lasagna, spaghetti, sashimi, dsb.
Mau cari juice 2 liter yang biasa dipasok untuk hotel – hotelpun ada di sini. Demikian juga dengan brownies kukus, atau cake moscovits, di mana penjualnya yang cantik – cantik spesial datang dari Bandung
Pedagang sprei , bedcover dan handuk dari Cipadupun ada di sini, Sehingga kita bisa membeli mulai dari pakaian sisa export, sampai batik untuk asesoris dan pakaian, branded shoes, dsb yang kata penjualnya sih,dijamin asli,..juga pakaian dan segala asesorisnya yang saat ini tengah trend seperti .
Mau cari stationery sampai kelinci, ular dan tanaman indoor ada semua di sini. Apalagi kalau cuma DVD dan VCD.
Ada juga penjual majalah baru tetapi sudah telat edar, dan komik serta novel – novel baru, yang dijual dengan harga hanya 30% dari harga regularnya.
Yang menggembirakan, sekalipun bnayak kios makanan, tidak ditemukan sampah yang dibuang sembarangan di sini

Sebagian besar penjual di sini bukanlah ‘pegel’ atau pengusaha golongan ekonomi lemah,. Jika ditilik dari mobil yang mereka gunakan, yang relatif baru, seperti Kijang LGX, Innova, atau mobil sedan sebagai ruang pamer dagangannya.
Beberapa dari merekapun memiliki kios di BTC (Bintaro Trade Center)

Pengunjung yang datang di sinipun beragam, dari anak – anak yang baru selesai lari pagi atau senam sehat, hingga oma opa yang datang untuk menikmati bubur ayam. Tempat parkir mobil meluber, demikian pula parkir sepeda motor.

Hal yang menggembirakan bahwa pada akhirnya BJ ini memberikan manfaat bagi ke-2 belah pihak : pengunjung bisa menemukan barang – barang unik yang sulit didapat di mall atau pusat perbelanajaan dengan harga terjangkau, dan masih dapat ditawar lagi. Juga sebagai sarana rekreasi open air yang jarang ada di Tangerang.

Di sisi lain, pedagang juga diuntungkan karena mendapat tambahan penghasilan di luar yang rutin didapat. Berapa ratus pedagang yang terbantu dengan adanya BJ ini ….

BNI, 27 Aug 2005 19.35

No comments: