Wednesday, November 09, 2005

KIAT BERHEMAT


Ini adalah seruan yang tepat untuk situasi saat ini , di mana kita harus pandai - pandai berhemat jika tak ingin besar pasak daripada tiang.

KEBUTUHAN SEHARI – HARI :
1. Beralihlah dari kopi atau teh instant ke kopi tubruk atau teh serbuk. Jangan buang ampas teh, karena dapat digunakan mengompres mata yang lelah.
2. Gunakan refill untuk segala keperluan sehari – hari : dari minyak goreng , susu bubuk, pembersih lantai hingga kecap refill.
3. Beralihlah dari body foam bottle ke refill. Jika masih mahal, gunakan bar soap.
4. Beralihlah dari shampoo yang berbeda – beda untuk masing – masing anggota keluarga, menjadi satu shampoo untuk seluruh anggota keluarga. Jika ada shampoo refill, pilihlah !! (sayangnya hingga saat ini belum ada)
5. Pilihlah produk multi fungsi , misal : detergent yang juga berfungsi sebagai softener dan pewangi, sehingga lebih hemat dibanding membeli secara terpisah.
6. Jika tak bisa lepas dari air con, gunakan 1 aircon untuk 2 kamar .
7. Beralihlah dari beras Thai ke beras lokal.

FASHION - APPAREL :
8. Beralihlah dari belanja fashion items di dept store ke ITC atau Tanah Abang.
9. Lebih baik memilih model pakaian dan sepatu klasik yang tahan dipakai bertahun – tahun, dibanding yang terlalu trendy yang hanya dapat digunakan seumur jagung.
10. Untuk memberi kesan ‘baru’ dari koleksi pakaian anda, tak harus membeli pakaian baru. Cukup tambahkan aksesori seperti scarf, pashmina, kalung, atau ikat pinggang untuk memberi sentuhan akhir yang berbeda

KESEHATAN :
11. Untuk sakit ringan, gunakan obat generik sebagai pengganti obat paten. Atau cobalah meminum jamu yang tidak mengandung bahan kimia sintetis
12. Jika dana kesehatan terbatas, berobatlah ke Puskesmas atau tak ada salahnya mencoba pengobatan alternatif seperti pijat refleksi atau terapi ‘slentik’.
13. Jika ingin mencegah, rajinlah berolahraga dan pertahankan gaya hidup sehat : tidak merokok dan tidak minum minuman keras
14. Jika sampai memerlukan rawat inap dan tindakan, rajin – rajinlah membandingkan tarif satu RS dengan RS lainnya. Ada yang murah di kelas perawatannya, tetapi mahal tindakan dan laboratoriumnya, dan sebaliknya.
15. Rajinlah membuat juice buah segar dan makan sayuran, sebagai pengganti food supplement yang relatif berharga lebih mahal.

ENTERTAINMENT, INFORMATION & DINE - OUT :
16. Kurangi frekuensi makan di luar bersama keluarga. Sebagai penggantinya, buat acara masak bersama keluarga di rumah. Selain mengurangi resiko terpapar makanan yang kaya MSG, pewarna dan pengawet, juga dapat meningkatkan keakraban dan keharmonisan keluarga
17. Jika bepergian ke tempat belanja, biasakan perut anda dalam keadaan kenyang, sehingga tak perlu jajan.
18. Biasakan menyediakan aqua di mobil anda, sehingga setiap kali kehausan, kita tak perlu berhenti di pinggir jalan untuk membeli sebotol aqua.
19. Jika ingin membeli VCD atau DVD film, yakinkan bahwa saudara kita yang tinggal berdekatan, belum memilikinya. Jika tidak, lebih baik meminjamnya.
20. Jika tak ingin kehilangan informasi aktual, berlangganan koran atau majalah secara patungan dengan teman kantor atau saudara yang tinggal satu kompleks perumahan.
21. Jika ingin menggunakan internet, akses lewat warnet, karena jauh lebih murah dibanding dial – up di rumah. Jika frekuensi dan lama pemakaian tinggi, pilihlah broad band internet dengan akses tak terbatas, 24 jam sehari dengan fixed rate subscription.
22. Ajarkan anak untuk tukar menukar koleksi bacaannya dengan temannya,sehingga bisa menghemat pengeluaran belanja buku. Syukur – syukur jika di dkeat rumah ada persewaan buku di mana kita bisa menyewanya.
23. Pilih olahraga murah : berjalan kaki, sebagai pengganti ke gym

TRANSPORTATION :
24. Suami istri yang biasa pulang sendiri – sendiri, jika jarak memungkinkan, gunakan satu mobil, sehingga pasangan dapat berangkat dan pulang bersama. Hal ini akan meningkatkan frekuensi komunikasi dan keakraban suami istri.
25. Pergilah bersama – sama dengan rekan kerja satu jurusan, misal : jurusan Bekasi. Sehingga bisa menghemat biaya dan mengurangi polusi. Untuk menghindari perasaan tak enak karena nebeng terus, maka bisa juga kita patungan membayar bensin dan tol secara bergantian.

UTILITY : WATER & ELECTRICITY :
26. Ajarkan anak untuk tak perlu meletakkan celana jins yang baru dipakai sekali, ke tempat cucian.
27. Ajarkan anak untuk tak menyalakan air saat menggosok gigi dan menyabuni badan, kecuali saat berkumur dan membilas badan

SELF DEVELOPMENT :
28. Evaluasi ulang, kursus yang diikuti oleh anak – anak anda dan anda. Mana yang benar – benar diperlukan untuk menunjang masa depan, dan mana yang ‘nice to join’.

PAMPERING MYSELF :
29.Pilihlah salon yang menawarkan potong rambut, creambath, pijat dan lulur, dengan tarif yang lebih murah. Lebih murah tak berarti lebih buruk kualitasnya. Jika kita langsung pulang ke rumah setelah dicreambath, kita bisa meminta rambut kita tak perlu diblow dan cukup dikeringkan saja. Ini bisa menghemat ongkos RP 15,000
30. Pilih layanan ‘basic’. Lulur aromatherapy bisa lebih mahal Rp 15,000 dibanding lulur dengan ramuan tradisional. Demikian pula creambath buah – buahan lebih murah dibanding dengan merk paten. Pilihan basic ini tak mengurangi kualitas pijatan di kulit kepala dan tubuh anda !!
31. Kurangi frekuensi memanjakan diri, dari 2x sebulan, menjadi sekali sebulan. Jika perlu, belilah cream untuk creambath dan lulur, dan lakukan sendiri di rumah. Untuk pijat, gunakan jasa anak anda untuk memijat, sekalipun hasilnya tak sama, tetapi akan menambah keakraban dan kehangatan keluarga !!

MONEY SPENDING HABIT :
32. Terapkan prinsip ‘Just In Time’. Beli bahan makanan sesuai yang kita butuhkan. Jangan menimbun bahan makanan di kulkas. Semakin banyak timbunan makanan, maka kita akan cenderung membuang makanan lama yang kadang bahkan kita sudah lupa kalau masih tersisa di kulkas, atau ketika kita menyadarinya, ternyata sudah kadaluwarsa.
33. Jika bepergian ke tempat belanja, biasakan perut anda dalam keadaan kenyang, sehingga tak perlu jajan.
34. Hindari mampir ke suatu tempat, dalam perjalanan pulang kantor. Sehingga mengurangi kemungkinan tergoda membeli barang yang tak anda butuhkan
35. Ambil uang di ATM seperlunya,sehingga menghindari perasaan memiliki uang banyak yang dapat dihamburkan untuk hal – hal yang kurang perlu.
36. Gunakan kartu kredit jika amat perlu. Jika tidak, lebih baik membayar secara kontan.
37. Hindari pergi ke tempat perbelanjaan jika anda sedang stress, karena stress akan mendorong kita berbelanja sesuatu yang tak kita perlukan.
38. Jika anda ingin membeli suatu barang, tanyalah pada diri anda berulang kali dan yakinkan apakah anda benar – benar memerlukan barang tsb atau pada akhirnya barang tsb hanya akan jadi penghuni gudang anda tanpa pernah anda pakai sekalipun ( misal : alat pembuat pancake yang belum tentu dipakai setahun sekali). Jika perlu, tunda membelinya. Dan tunggu hingga beberapa hari kemudian. Jika anda masih memikirkannya, mungkin anda memang memerlukannya. Demikian pula sebaliknya.

BNI – 9 Nov 2005
08.00 pm

No comments: