Saturday, July 01, 2006

WC : Tempat gosip dan ilham bermuara


Jika orang berbicara tentang WC, orang sering berpikir tentang sesuatu yang ‘jorok’,…yang tabu untuk dibicarakan di hadapan orang lain. Padahal WC memberi manfaat yang luar biasa : sebagai tempat pembuangan akhir dari semua sampah padat yang tak dapat diserap tubuh. Orang yang sebelumnya stress, mendadak setelah selesai ‘membuang hajat’ akan merasa legaaa luar biasa. (Seperti yang kulakukan saat mengetik topik ini, di WC !!)

WC atau toilet di kantor, juga terkenal sebagai tempat pertemuan dan diplomasi informal dari karyawan kantor,…berhaha hihi di sana, …sambil menunggu giliran ruang yang kosong,….sambil berlama – lama membasuh tangan, ataupun menyikat gigi pasca makan siang, kemudian mulailah muncul bisik – bisik pelahan,..sambil tengok kiri dan kanan.,…dan mulailah keluar ‘ppsssstt……si A dengar - dengar bla bla bla…’ ‘wah, terus bagaimana dengan si B ,…but plz,….jangan bilang – bilang siapa – siapa ya,, ini top secret looh!! ?’ atau yang beda bagian dan sudah tak bertemu berminggu – minggu, tak segan berkomentar ‘duuh ke mane aje ente,.koq sudah lama tak beredar,..kurusan ya ?? banyak menderita batin, ya !! ‘ atau keluhan ‘waah…koq ada keputusan begini bagaimana nih.,…bu Retno’ (Retno stands for Right Now !! Seorang boss expat. yang selalu meminta apa saja yang dikehendakinya seperti Loro Jonggrang,.. hanya dalam hitungan menit “I want it right now !!” tak peduli kendala yang dihadapi anak buahnya,.yang akhirnya dengan nada jengkel di’pleset’kan menjadi Retno !!). Dan solusi positif banyak juga didapat dari informal meeting n diplomacy di WC,..karena sesudah seseorang merasa ‘nyaman’ dan ‘lega’,…maka yang tertinggal adalah ‘kejujuran’,.sehingga saat itu lebih enak untuk berdiskusi.

WC di rumah adalah suatu tempat di mana aku bisa merasa nyaman membaca buku, koran, majalah. Yang jelas, aku takkan membiarkan diriku hanya merenung tanpa melakukan sesuatu di kloset !! Bahkan jika tahu agak lama, aku bisa sambil mengetik, atau menelpon di WC !!

WC juga pantas mendapat semua keindahan penataan seperti tempat lain, Seperti di WCku yang juga kupasang vas bunga segar dan lukisan kecil

Satu keinginanku yang belum terpenuhi : membuat rak buku kecil di dalam WC, sehingga setiap saat keinginan membuang hajat itu muncul, sudah tersedia buku untuk dibaca, dan tak hanya asal comot bacaan saja !!!

Sehingga waktu yang teralokasi di WC akan se-produktif seperti di tempat lain, seperti yang termuat dalam puisi di bawah ini

RENUNGAN KLOSET : Rieke Dyah Pitaloka
Ada baiknya,
tak mencatat hidup
dalam lembar- lembar buku harian
Suatu masa,
jika membacanya lagi
manis, membuat kita ingin kembali
pahit, membuat duka tak bisa lupa
Ada baiknya,
merenung hidup
dalam kloset yang sepi
Tak perlu malu,
mengenang, tersenyum atau menangis
Setelah itu,
siram semua
bersiap menerima makanan baru
yang lebih baik dari kemarin

BNI, 1 Juli 2006
06.20 am

No comments: