Sunday, July 09, 2006

KEMBALI MENJALIN TALI SILATURAHMI :


7 Juli 2006

Jum’at, dua hari yang lalu,..aku – tanpa direncanakan dan semata dorongan nurani – menelpon nomor telpon non produktif (meminjam istilah Al) yang untungnya masih kusimpan di HPku - yang tak pernah kuhubungi sejak 6 tahun silam.
Dan suara di seberang sana,…masih sama seperti suara yang kudengar 28 tahun silam,..ketika aku menyimaknya mengajar Matematika !!

Ya,.beliau, bu Atiek, adalah guru Matematikaku ketika SMP kelas 2. Satu – satunya guru yang membuatku ingin selalu mendapat nilai perfect : 100 untuk setiap ulangan Matematika, ….dan membuatku mencintai kopi untuk membuatku tetap melek, berlatih mengerjakan setiap soal matematika dari puluhan lembar halaman buku Math !!! Cara mengajarnya membuatku ‘learn by heart’….dan tetap mengingat semua pelajaran tsb dengan baik : dari himpunan semesta pembicaraan, absis, ordinat, aljabar, kalkulus, geometri, trigonometri, dsb….hingga menjadi bekalku saat menjadi guru les privat math untuk anak SD dan SMP saat aku kuliah.

Guru yang membuatku sadar, bahwa beautiful n brain bisa berkolaborasi dengan sempurna (even I realized that I’m not beautiful, therefore I have to work hard to be smart !! Otherwise nobody pays attention to me !!) dan menjadi daya tarik bagi orang lain.

Guru yang memiliki perpaduan ketegasan, kecemerlangan mentransfer pengetahuan melalui pemahaman konsep yang baik, menjadi teman yang baik bagi muridnya, cantik dan menjadi fashion trendsetter bagi guru dan murid….!!!

Setelah aku lulus kelas 3 SMP,.beliau pindah ke Jakarta, karena menikah dengan salah seorang pejabat negara ini. Dan aku sempat menjumpainya beberapa kali di rumahnya di Jalan Daksa.,ketika aku pindah bekerja di Jakarta.
Beliau akan senang jika aku membawakan produk kosmetik warna favoritnya.

Kemudian mulailah aku bercerita mengenai apa yang terjadi padaku 6 tahun terakhir ini. Dan kuingat 6 tahun yang lalu, beliau berusaha menjadi match maker,..tetapi kutolak dengan halus !!
Mendengar ceritaku, beliau menanggapi, demikian banyak hal yang terjadi yang membuat kanvas kehidupanku ‘berwarna’ – tak peduli warna apa yang timbul,…cerah, kelabu, dsb -.

Enam tahun tak menghubunginya, padahal beliau pernah mencoba menelpon rumahku yang lama,…membuat beliau merindukanku,…terutama saat – saat ulang tahun beliau yang biasanya tak pernah terlupakan olehku !!! Karena hanya terpaut 3 hari denganku !! Selalu ada ucapan ulang tahun, dan bunga untuk beliau.

Minggu depan aku akan sowan ke rumahnya,…karena aku sadar,…manusia hidup tetap perlu bersosialisasi,…dan merupakan sesuatu yang indah untuk menjalin hubungan dengan orang – orang yang pernah memiliki ikatan emosional dengan kita

BNI, 9 Juli 2006
09.00 am

No comments: