Sunday, July 16, 2006

PENGHARGAAN



What a bad day,…when you realized your lovely kids didn’t appreciate your hard work as a sole bread winner, to enable you to grow up them , to give them the best education and facilities you’ll never imagine you can afford it before. Even it means you sacrifice your personal goal, as the ultimate priority is the future of your kids.

Semua itu melukai hatiku,…ketika yang dilihat oleh orang – orang terkasihku hanyalah ‘kekurangan’ku semata, dan dianggap sebagai sesuatu yang sudah dengan sendirinya dan seharusnya ada : bukan upaya dan kerja keras yang mengiringi perolehan di balik semua yang mereka nikmati sekarang ini,…yang bukan hasil ‘sim salabim’ dan instan dalam semalam.

Menjadi sesuatu yang menyedihkan, ketika seseorang tak lagi melihat proses di balik perolehan sesuatu. Dan hanya melihat pada hasil akhir, serta lebih senang membandingkan hasil akhir tsb. dengan yang dimiliki orang lain,.tanpa melihat apa wujud terima kasihnya,…apakah dengan belajar sungguh – sungguh,..atau melakukan hal kecil yang diminta oleh ibunya,…yang hanya dalam hitungan menit – seperti menyampuli buku taman bacaan, yang biasa kulakukan sendiri – tetapi berhari – hari tak kunjung dilakukan, sehingga timbul perasaan diabaikan.

Menjadi sesuatu yang mengecewakan, ketika seseorang lebih suka mencela apa yang tampak oleh mata dan pendengarannya, dan bukan yang tampak oleh mata hati dan mata batinnya , lebih dibanding menghargai upaya orang lain bercapek – capek memberikan sesuatu yang mungkin kurang pas dengan minat dan seleranya,….dan mengatakannya dengan lugas, tanpa mengungkapkannya menjadi sesuatu yang bermuatan positif yang akan lebih mudah diterima oleh orang lain.

Bagi orang – orang tercinta, aku rela melakukan apa saja – sekalipun memakan waktu, tenaga , dan uang – untuk membuat mereka bahagia . Aku tak pernah menuntut apa – apa….kecuali satu : tolong hargai aku sebagai orang yang telah berusaha memberikan yang terbaik bagi mereka………

BNI, 16 Juli 2006
11.40 am

No comments: