Wednesday, July 26, 2006

FAREWELL TRIP TO TANGKUBANPERAHU






Tiba juga saat itu : perpisahan dengan teman – teman, di mana aku bergaul secara intens dengan mereka, selama lebih kurang 10 jam sehari. Kita sudah seperti saudara, dengan mereka yang telah bekerja bersama lebih dari 15 tahun. Bukan bicara soal loyalitas, tetapi lebih kepada kesamaan mencari sesuap nasi, melalui masa sedih dan senang bersama, seperti keluarga besar, dan dengan fair competition !!!

Apa yang tersirat di benak kita, ketika menyebut Tangkuban perahu ? Naik ke arah Lembang, menuju kawahnya, berfoto di sana, melihat penjual cendera mata yang tak cukup kreatif berinovasi menampilkan ke’baru’an barang dagangannya (tak seperti pedagang cendera mata di Bali, yang selalu menampilkan sesuatu yang berbeda setiap 3 bulan !!) , dan dalam waktu 30 menit, selesailah sudah wisata tsb. Tak ada kesan yang tertinggal sesudahnya !!!

Tetapi pengalaman ke sana bersama teman – teman, yang membuat nafasku tersengal – sengal karena mendaki hutan vegetatif yang hijau, ke kawah Domas, ke bukit karang, dengan air belerang panas mendidih yang membuat foto – fotoku spektakuler, dengan orang Korea yang memaksa mencelupkan kakiku ke air , dan meminjamkan sapu tangannya untuk membasuh kakiku (hingga diolok – olok oleh temanku sebagai cara untuk mengguna2 !!! jauh amat, ya ‘mikirnya !!), termasuk wisata jalan bersama ke Kawah Putih April lalu, telah memberiku pesan moral yang bermanfaat dalam kehidupan kita, baik itu dalam pekerjaan ataupun kehidupan pribadi kita :

JANGAN LIHAT SESUATU PADA TAMPAK LUARNYA !!! JANGAN PERNAH BOSAN KEMBALI KE TEMPAT WISATA YANG SAMA ATAU BERSAMA ORANG YANG SAMA !!! SELAMI KEDALAMANNYA, EKSPLORASI… DAN AKAN SELALU KAU TEMUKAN SESUATU YANG BARU, YANG MEMESONAMU !!! KAU TAKKAN PERNAH BENAR – BENAR MENGENAL SESUATU ATAU SESEORANG !! TAK PERNAH ADA KATA ‘CUKUP’ UNTUK DAPAT MEMAHAMI SESEORANG ATAU PEKERJAAN KITA !!!

Cilandak, 26 Juli 2006
08.20 am

No comments: