Monday, December 05, 2005

COMMITTED SUICIDE


Bunuh diri,.kata yang meruyak akhir – akhir ini karena jumlah, frekuensi,variasi dan penyebabnya yang makin meningkat dan beragam.

Dari hal – hal sepele seperti diputus cinta oleh kekasih, malu dipanggil dengan nama panggilan yang jelek di sekolah, hingga malu karena menunggak uang SPP, putus asa tak kunjung sembuh penyakit yang dideritanya.., hingga tak sanggup menanggung beban hutang yang demikian besar, dan tak memiliki kemampuan ekonomi untuk bertahan hidup karena menjadi pengangguran. (Bunuh diri teroris tidak masuk dalam kategori di atas !! Demikian pula harakiri prajurit Jepang yang terkait dengan budaya mereka, yang beranggapan bunuh diri dalam hal ini adalah tindakan ksatria )

Sebenarnya apa yang melatarbelakangi keinginan mereka untuk bunuh diri jika ditinjau dari sisi piskologi ? Putus asa, tak menemukan jalan keluar dari masalahnya,..menganggap hidup di dunia ini membosankan, dan berharap bahwa mengakhiri kematian juga akan mengakhiri penderitaan mereka !! Padahal hal ini salah besar !! Bunuh diri terjadi karena rapuhnya iman, dan tentu saja tak yakin bahwa Allah akan menolong umatNya yang tetap tegar di jalanNya.., sekalipun cobaan dan ujian hidup datang mendera.

Keinginan bunuh diri jarang datang sekonyong – konyong. Biasanya ia merupakan ‘ultimate action’ dari proses stress yang berkepanjangan, kemudian berubah makin parah menjadi depresi, di mana depresi ini menunjukkan gejala bermacam – macam : rasa sedih, marah, sendiri, malu, cemas, terluka, hampa, tak berdaya, tak berarti. Orang – orang ini mulai menarik diri dari pergaulan dan sekeliling, mudah tersinggung, dan tak ingin berbagi ‘penderitaan dan masalahnya’ dengan orang lain.

Penting bagi kita untuk mengamati orang – orang yang dekat dengan kita, apabila menunjukkan tanda – tanda seperti di atas, maka kita bisa memintanya untuk ‘berbagi’ masalahnya,..berusaha menjadi pendengar yang baik, dan membuat mereka dikelilingi orang lain, menghindari mereka untuk sendiri, agar terhindar dari pikiran ingin bunuh diri…

Manusia hidup tak pernah lepas dari masalah, tetapi yang terpenting adalah : kita sebagai umatNya sudah berusaha dan berikhtiar yang terbaik bagi kehidupan ini, dan selebihnya..serahkan pada Allah, Ia pasti akan memberikan yang terbaik bagi kita !

Bukankah ‘life is beautiful’ dan ‘every cloud has a silver lining’ ?

Menikmati kemacetan di atas jalan toll Pd Indah – Cilandak, 6 Des 2005
08.45 am

No comments: