Tuesday, July 26, 2005

MEMORIES


Kegemaran kita pada sesuatu bisa jadi didorong oleh sensasi emosional yang ditimbulkan dibalik cita rasa, wewangian, nada, tempat, dan bentuk dari benda – benda, yang membawa kenangan kembali ke masa lalu

Jika aku memilih untuk selalu mampir ke Ice Cream Zangrandi Parlour setiap kali aku pulang ke Surabaya, itu bukan karena Zangrandi adalah ice cream dengan cita rasa terbaik sampai saat ini,….tetapi lebih karena Zangrandi mempertahankan layout dan exterior design dari restaurantnya , yang ‘jadul’.., back to ‘60s,.dan tak pernah mengalami perubahan. Demikian pula dengan pelayannya yang juga menjadi ‘inventaris’ selama puluhan tahun di sana.
Menikmati Ice cream soda atau tutty fruti di sana, membuat ingatanku melayang ke masa kecil dan remajaku,… di mana aku menghabiskan waktu di Surabaya, sepulang sekolah di SMA, berjalan kaki ke sana, merayakan ulang tahun teman.

Demikian pula kecintaanku pada ‘nasi pecel pandegiling’ yang tak lekang oleh jaman,…rasa bumbu dan empal srundengnya yang khas,.membuatku selalu ingin kembali dan kembali lagi,.tak peduli betapa judesnya si Ibu pemilik warung…

Juga kecintaanku pada parfum ‘Flower by Kenzo’ dimulai 3 tahun yang lalu, ketika seseorang yang istimewa saat itu menghadiahkannya padaku saat kami bertemu di Singapura. Ia juga yang mengajarkan aku untuk tidak membuat pengulangan,.membeli benda yang memiliki kesamaan dan kemiripan dengan yang sudah kupunyai sebelumnya.

Betapa kecintaanku pada shower gel ‘Palmolive aroma therapy Lavender’,..tidak semata karena harumnya yang lembut dan tahan lama saja,,,, tetapi juga karena setiap kali menggunakannya di saat mandi, tiba – tiba ingatanku melayang pada seseorang yang keras hati, yang pernah dekat denganku 1.5 tahun yang lalu. Beruntung aku bisa mendapatkan produk Germany ini di Guardian atau Shop in, atau kadang bisa membelinya lebih murah saat aku ke luar negeri.

Setiap ada kesempatan libur panjang, aku akan memilih Bali sebagai tempat tetirah favoritku. Kenapa Bali ? Kenapa bukan yang lainnya ? Karena aku cinta pantainya, budayanya,…’newness’nya,..keramahan orang-orangnya…Di Bali pula aku melewatkan waktu bersama orang yang pernah singgah di hatiku,…mengenalkan indahnya Indonesiaku

Juga setiap mendengar lagu “Sakura”,.tak sekedar mendengarkan dengan indra pendengar saja,.karena ingatanku akan selalu melayang pada pencipta lagu ini, yang dengan segala ke’gila’annya menjadi sumber inspirasiku untuk menulis puisi, setahun yang lalu …

Orang boleh datang dan pergi di hatimu, menemani atau meninggalkan hari – hari sepimu. Tetapi tidak kenangan – kenangan itu .. Ia akan terus tumbuh di hati kita,.menemai hari – hari kita

No comments: