Wednesday, July 20, 2005

CHANGE


To not change is to not survive..itu kata Charles. Darwin

The only thing in the world that remains constant is change..nah itu kata filsuf Yunani,.yang aku lupa namanya

Perubahan selalu menakutkan kita,…membuat kita gamang,…karena kita tak yakin akan mampu menghadapi perubahan itu. Ada 3 type orang menghadapi perubahan : Type pertama : dia hanya sebagai penonton perubahan yang terjadi, kedua : dia sebagai pelaku perubahan, ketiga : dia terheran – heran dan tak menyadari perubahan yang sedang terjadi.
Maka, jadilah type ke-2 : kita sebagai pelaku perubahan.
Jika kita ingin survive di tengah ketidakpastian masa mendatang,..maka kita mesti mau berubah,..dan kata kunci dari perubahan ini adalah : ADAPT TO CHANGE.
Bekal ilmu yang kita miliki kemarin,..yang kita anggap memadai untuk menjalankan pekerjaan kita,…menjadi tidak memadai lagi,.karena tuntutan perkembangan ilmu yang demikian pesat. ‘Raise the bar’ menjadi kata kunci berikutnya. Hanya dengan memiliki kemauan untuk maju, dan tak kenal lelah menambah ilmu,..maka kita akan mampu beradaptasi terhadap perubahan dan dinamika zaman. Business unusual,…menjadi menu kita sehari – hari,…yang menuntut kita untuk beradaptasi secara cepat terhadap perubahan yang terjadi.

No comments: