Sunday, November 18, 2007

MULUTMU HARIMAUMU…..


Nabi Muhammad bersabda “ Jauhi dusta, karena dusta membawa kamu kepada dosa, dan dosa membawa kamu kepada neraka. Lazimkanlah berkata jujur, karena jujur membawa kamu kepada kebajikan, dan membawa kamu kepada surga.”

Memang lidah tak bertulang !! Jika lidah bertulang, bisa dibayangkan betapa kakunya lidah tsb,sehingga tak mampu berkata – kata.

Justru karena lidah tak bertulang, maka ia bisa mengucapkan kata – kata apa saja,..hingga yang manis bak madu, sampai mampu membuat seseorang yang lugu, polos dan selalu berprasangka baik, jadi luluh dan percaya pada orang tsb !!

Ia bisa mengucapkan janji, ‘Oh…nanti saya akan telpon kamu begitu saya tiba di kota A’,…tetapi setelah ditunggu – tunggu, maka tak ada telpon yang berdering !! Kalau janji yang sepele saja seperti menelpon sudah tak ditepati, bagaimana pula janji yang lebih besar seperti janji yang menyangkut uang dan membayar hutang ???? Mimpi kali yeee ..

Mulut kita juga menjadi senjata andalan dalam bisnis, terutama bagi orang Cina, yang hanya mengandalkan kepercayaan dalam menjalankan bisnis, dan tidak mengikatnya dalam perjanjian hitam di atas putih !! Jadi,..mengherankan juga jika ada orang dari etnis ini yang kata – katanya tak layak dipercaya, tak seperti umumnya orang Cina !!!

Jika mulut yang tak bisa dijaga kebenarannya itu terus menghamburkan kata – kata ‘sampah’, yang asal ambil di udara,.. maka sebaiknya bungkam saja dengan ngeloyor pergi dan tak menggubrisnya sama sekali,..tanpa perlu menjawab sepatahpun !! Sayang waktu berharga kita yang cuma sebentar di dunia ini mesti dihabiskan untuk mendengar pembicaraan kelas sampah dan gombal, yang akan berujung di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) !!! Sang pembohong ini saking biasa dan seringnya berbohong,…sudah seperti orang yang kencing,….sehari bisa dilakukan berkali kali !

Kasihan sekali melihat orang tipe pembual dan pembohong, yang mengakunya beriman kepada Tuhannya, tetapi tetap produktif menjalankan kebohongannya, dan hidup dalam kemunafikan dan double standard !! Rasanya belum perlu untuk menggunakan lie detector untuk membuktikan bahwa apa yang mereka ucapkan bohong !

Karena kebohongan membuat orang dibenci sekitarnya. Dan pembual plus pembohong ini takkan dapat menunaikan amanah sebaik-baiknya !! Kemungkinan besar ia akan berkhianat kepada diri sendiri, pemberi amanah, dan Tuhannya !

Kalau engkau tak ingin dibohongi,.jangan berbohong kepada orang lain, agar berkah hidupmu !!

On d way home, Nov 16,’07
06.40 pm