Tuesday, November 13, 2007

BIJAKLAH MENGGUNAKAN ANGGOTA TUBUHMU !!!




Prinsip penggunaan anggota tubuh kita harus sama seperti penggunaan mesin pabrik !! Agar hanya menghasilkan output yang benar – benar memenuhi QA specification (baca : menjalankan perintahNya, dan menjauhi laranganNya) produktif dan memiliki nilai tambah, serta mesti menurunakn ’waste’ atau loss (baca : dosa !), sehingga dicapai yield yang setinggi mungkin., maka perlu dilakukan SOP(standard operating procedure) sebagai berikut :

Gunakan mulut, hanya untuk berbicara hal yang baik – baik dan berguna, dalam bahasa ringkas dan padat !! Jika ternyata masih terjadi ’idle capacity’, jangan gunakan untuk mencium pacar orang atau istri orang lain !! Jangan seperti bebek nyosor ke sana ke mari .....!! Lebih baik manfaatkan untuk berzikir mengingatNya !!

Gunakan pendengaran untuk mendengar pembicaraan yang baik – baik seperti dakwah atau kuliah subuh, dan nasihat dari orang lain yang dapat memperbaiki kualitas kehidupan kita , baik hubungan horizontal ke sesama manusia ataupun vertical ke Allah. Juga untuk mendengar deru ombak, desau angin, rintik hujan, derik jengkerik, yang akan menambah kekaguman kita atas ke MahaBesaran Allah !! J angan gunakan pendengaran untuk menikmati rayuan gombal suami orang atau pacar orang lain !

Gunakan penglihatan kita untuk melihat hal – hal yang bermanfaat seperti pemandangan alam yang indah, yang akan membangkitkan takjub dan syukur kita atas kemegahan ciptaanNya, juga untuk menyimak tulisan Qur’an dan buku – buku pengetahuan, yang akan menambah bekal dan wawasan kita !! Gunakan mata kita untuk melihat yang di’halal’kan Allah, dan jangan gunakan melihat pemandangan syeram di situs porno atau di life show Patpong !

Gunakan tangan kita untuk berkarya yang halal, dan jauh dari korupsi !! Juga gunakan tangan untuk meraba dan menyentuh yang halal saja, yang diberkatiNya, seperti menyuap nasi uduk hasil keringat kita, atau memeluk istri tersayang !! Jangan gunakan untuk memeluk istri orang !!!

Gunakan kaki kita untuk melangkah menuju masjid, atau untuk menuju ke tempat di mana kita berkarya positif bagi sekeliling kita !! Jangan melangkah ke tempat maksiat, yang hanya akan mendatangkan malapetaka !

Prinsipnya : lebih baik idle capacity., dibanding fully utilized, tetapi dengan waste atau scrap factor yang tinggi, dan yield yang rendah dan kualitas outputnya di’reject’ oleh QA pengadilan akhirat !!


Rainy evening, on d way home, Nov. 13.’07
07.10 pm