Wednesday, March 28, 2007

Perjalanan ke Thai : sebuah kilas balik kepasrahan total





Dengan kepergianku ke Thai ,..aku mencoba mencari ketenangan dan kedamaian sesudah minggu - minggu panjang dan melelahkan !!! Aku mohonkan pada Sang Khalik, agar mendapat jawaban dari semua kesedihan, kekecewaan, sakit hati dan dendam, di Thai,..dan sampai pada titik ‘athar’ ketika kepasrahan menjadi total,..ketika kita tak tahu harus berbuat apa,…agar Dia tunjukkan aku jalan keluarnya…

Dari awal aku inginkan keluar dari ‘comfort zone’ku : melakukan hal – hal yang tak pernah kulakukan ketika aku di Indonesia !!
Dan hal itu kualami sejak hari pertama, kedua, ketiga dst di Thai : beberapa kejadian membuatku yakin,…bahwa ketika ketakutan dan ketakpastian memuncak : ketika kita terombang – ambing di tengah lautan saat ke Phi – phi island : ketika kapal kecil yang membawa kita ke pantai ternyata mesinnya mati,.maka tak ada yang bisa kita lakukan selain berdoa dan pasrah total padaNya, sampai sebuah kapal kayu lainnya datang dan memindahkan penumpang ke kapalnya !!

Termasuk juga jalan – jalan sendiri hingga larut malam di’night market’ krabi yang berakhir tanpa gangguan !!

Juga ketika di hari ke-3 ternyata kapal yang datang adalah kapal kayu kecil yang hanya berpenumpang 7 orang, sementara mesti mengarungi luas laut menuju Pha Nga – James Bond Island – ternyata aku bisa berpasrah total sambil mengenakan safety jacket !! Aku melawan ketakutanku yang tak bisa berenang dan takut berada di tengah lautan luas !!

Hari ke-4 pun menuntut keberanianku untuk naik bis umum menempuh jarak 100 km dari Pha Nga ke Phuket, selama 2 jam, sebelum naik ojek menempuh jarak 17 km yang berkelok – kelok di pegunungan – tanpa aku tahu sebelumnya bahwa medannya seperti ini - dari terminal Phuket di kota, hingga tiba di pantai Patong – Phuket !! Hal yang tak pernah berani kulakukan di Indonesia , karena jarak terjauh yg kutempuh dengan ojek hanyalah 3 km !!

Dan semua kulakukan seorang diri,..memberiku kepercayaan diri yang tumbuh pelahan,.bahwa aku bisa melakukan sesuatu tanpa tergantung pada orang lain !!

Hari selanjutnyapun masih menantang aku untuk mengalahkan ketakutan dan ketakpastian dengan kepasrahan dan tawakkal yang makin tinggi, ketika pulang dari naik sky train setelah lelah belanja oleh – oleh di MBK,..aku baru menyadari setibanya di hotel,.. tas etnikku yang kubeli di Thai, dirobek dengan cutter oleh pencopet,.dan dompetku hilang !! Tetapi sehari sebelumnya – tanpa firasat buruk -, aku sudah menyimpan tas tanganku yang berisi passport, kartu kredit, dan uang ke safe deposit box !! Dan kebiasaanku sejak dahulu, tak pernah menyimpan uang di dompet, karena uang disimpan di dalam kantung tas beritsleting !! Sehingga amat beruntung aku,…hanya kehilangan KTP, dan kartu ATM yang segera kublokir, serta kartu asuransi RS !! Pencopet itu tak mendapatkan uang dalam dompet,..dan ajaibnya karena kebesaran Allah,.HP dan kamera yang ada di dalam tas masih utuh…tak dicopet ataupun jatuh di jalan,.mengingat robekan di tas yang cukup besar !!
Aku benar – benar bersyukur atas kejadian ini,…karena ternyata aku masih bisa ‘melihat sisi baik dari suatu kejadian buruk’….!! Sehingga aku masih bisa menggunakan kartu kredit kantor untuk membayar tagihan hotel, dsb.

Juga ketika hari terakhir aku di bandara,..aku sudah siap menuju gate keberangkatan,..aku terlupa membawa tas tanganku yang tertinggal di X-ray conveyor,…dan aku tersadar setelah berjalan cukup jauh. Sehingga ketika aku balik arah untuk mengambil tas tangaku,..aku surprise karena petugas bandara malah sudah siap mengembalikannya padaku, sambil memintaku mengecheck kelengkapan isi tasku !!

Peristiwa demi peristiwa menyadarkan aku bahwa aku mesti SIAP MENERIMA KEJUTAN – KEJUTAN DALAM HIDUPKU !!! MANIS ataupun PAHIT !! Karena yang PASTI DALAM HIDUP ini ADALAH KETIDAKPASTIAN !! MENERIMA DENGAN KEPASRAHAN TOTAL yang amat sulit dilaksanakan,..karena memerlukan ‘feel the experience’ ,.karena mesti berperang batin,..dengan perasaan ‘merasa diperlakukan tidak adil’,..’merasa kebaikanku dibalas dengan keburukan’ dsb….
Hingga akhirnya aku tahu,…ini adalah rahasia Sang Khalik…memberiku pelajaran untuk MELIHAT SISI BAIK DARI KEJADIAN BURUK !! Pasti ada HIKMAH dari hal yang kualami,...agar TERHINDAR dari KEBURUKAN yg LEBIH BESAR !!

Kamu adalah bagian dari kejutan – kejutan itu : PAHIT,.ya !!! Sakit? YA !! Tetapi aku sudah bisa menerima itu sebagai fase kehidupan yang mesti aku lalui,..supaya aku bisa jadi orang yang lebih kuat lagi menghadapi cobaan,..sebelum Dia menaikkan kelasku !! Sehingga setelah 50 hari lewat sejak peristiwa menyakitkan itu,..aku tak ingin mengingatnya sebagai sesuatu yang menorehkan luka di hati, dan terus hidup dengan kenangan dan luka itu !!

Aku lega bisa jujur menuliskan ini padamu…, karena membantuku menjalani proses recovery dengan lebih cepat !! Seharusnya aku lebih beruntung dari kamu !! Aku melihat kamu sebagai sosok manusia yang butuh pertolongan dan seharusnya ditolong,...karena sudah sekian kali terpeleset jatuh…!!!

Aku mohon padaNya supaya diberiNya kamu hidayah,.agar mampu menjalani yang ‘benar’ dan menjauhi yang ‘salah’ di manapun berada,..bersama siapapun,.dan kapanpun…

Aku sampai pada titik ikhlas untuk semua yang kualami bersama kamu...!! Yang sempat memberi warna kelam pada kanvas kehidupanku...

No comments: