Thursday, March 29, 2007

THAI LAND : PERJALANAN MATA HATI (1)

Day 1 : March 16, 2007

Bangun pagi sekali dengan mata masih mengantuk karena semalam packing hingga pukul 11. Berangkat ke bandara pukul 04.20. Pesawat lepas landas pukul 06.40. Tak semulus semula,..beberapa kali terjadi guncangan keras,..membuat aku cemas, tetapi kutepis jauh – jauh rasa takut ‘something wrong happened’ itu.
Pramugari lupa memberikan ‘moslem meal’ untukku. Tapi OKlah,.tokh pilihannya hanya omelette atau nasi lemak !! Akhirnya pesawat mendarat dengan selamat di Changi.

Jalan – jalan waktu intransit 1 jam 40 menit, kugunakan untuk window shopping dan membeli coklat favoritku,..daripada kutahu menunggu coklat yang takkan pernah datang.
Saking serunya window shopping,.aku kembali ke gate E-12 pada saat ‘gate closing’ yang membuatku sedikit panik, tetapi kemudian lega, karena ternyata antrian penumpang masih panjang !!

Di pesawat, aku bersebelahan dengan wanita sebayaku yang mengantarkan ibunya yang telah tua. Banyak wisatawan bule yang terbang ke Bangkok !! Kebanyakan dari mereka keluarga atau pasangan muda usia 20an !! Iri juga melihatnya,..sambil terpikir,.when will be my turn to go with my couple ? huhuhu….

Gara – gara lunch moslem meal yang menggunakan santan,..perutku terkuras habis isinya,..dan keluar masuk lavatory berulang kali !! Beruntung penderitaan berakhir begitu sampai di bandara. Pesawat lepas landas dengan mulus, dan sampai di Svarnabhumi 15 menit lebih cepat dari jadwal 12.05 pm.

Selebihnya aku berupaya berlari – lari ke lantai 4 mencari loket air asia,..sampai di sana jam masih menunjukkan 12.20,.masih 1 jam dari flight schedule ke krabi !! Tetapi ternyata perjuanganku sia- sia karena peraturan air asia seluruh asia telah berubah !! For any reason,..perubahan jadwal pada hari yang sama tak dapat dilakukan oleh calon penumpang !! Sekalipun kita mau membayar denda penalti !! Akhirnya dengan murung,…aku kembali menunggu hingga jadwal asalku, pk 17.00 !! Daripada tak jelas ke mana,..akhirnya aku mengisi pulsa HP dengan menggunakan no. telp local Thai dengan konsep VOIP, dan ratenya lebih murah dibanding bila aku menelpon menggunakan local partner provider XL !! Modal awal tak kurang dari 350 baht !! (1 baht setara dengan Rp 278,-)

Dari sana, aku sholat di musholla yang berada di lantai 2 bandara, yang baru selesai digunakan untuk sholat Jum’at berjama’ah. Rasa tenang, senyap membuatku betah berlama – lama di sini sambil mengetik dan khusyuk berdoa !! Apalagi ada seorang bapak yang juga berasal dari Indonesia, berjam-jam mengetik di sini !!
Kutinggalkan trolley kosongku bersama belanjaan dari mini mart, seperti yoghurt, roti dan lumpia Thai di depan musholla !! Balik dari musholla,..kulihat trolley dan belanjaanku telah lenyap !! Aku yakin orang yang mengambilnya, bukan berminat pada kantung belanjaanku, tetapi pada trolleyku !! Akhirnya dengan kesal kurelakan bekal makan malamku senilai 70 baht tsb !! Sambil berpikir,.mungkin Allah tak rela aku memakan lumpia vegetarian, yang dijual bersama snack ber-babi lainnya !!Jadi,..aku bersyukur atas hilangnya kantung belanjaanku…dan kembali membeli roti dan susu coklat !!

Dari sana, aku cuma berputar – putar window shopping hingga masuk ke gate Air Asia. Sambil menunggu boarding di bandara Svarnabhumi.,.seorang Ibu bersasak rambut tinggi menyapaku dan bertanya ’Are you a tour guide?” hehehehe !! Kasian deh kalo wajah tak mewakili kartu nama...!! ( Hal yang sering diucapkan oleh temanku dengan gaya meledek,..termasuk ketika aku mencoba menagih piutangku ketika hubunganku dengan laki – laki peselingkuh berakhir,,.maka temanku menasihatiku ....’sudahlah,.lupakan uang yang tersangkut di cowok itu !! Gusti Allah tidak pernah tidur !! Ia akan menggantinya dengan jumlah yang jauh lebih besar !! Malu lagi sama kartu nama !! )

Untung aku tak mencoba melihat ada yang salah atau tidak dari penampilanku hari itu !! Hmm...ini jangan – jangan gara – gara rambutku yang tak sempat di hair smoothing !! Atau memang aku harus me’make over’ penampilanku ? But anyway,.aku enjoy dengan sapaan Ibu tsb yang ternyata orang asli Thai dengan nationality Malaysia,.dan hanya bisa berbahasa Melayu ‘sikit – sikit’ . Akhirnya aku terlibat percakapan panjang lebar dengannya, tentang Chiang Rai, Chiang Mai, Krabi dsb, juga tentang kenapa aku suka Thai, yang kujelaskan karena memiliki banyak kemiripan dengan Indonesia : budaya, wajah, keramahan, makanan, dsb.

Pesawat lepas landas setelah delay selama 1.5 jam dari rencana semula pukul 17.00 !! Akhirnya pesawat tiba di Krabi pk. 20.00 dan dengan membayar 600 baht (Rp 170,000) aku dijemput oleh limo hotel, tiba di hotel pk 21.15. Hotel di tempat wisata Thai jauh lebih mahal dibanding di Indonesia. Dengan tarif 1,650 Baht (setara dengan Rp 470,000) kita hanya mendapatkan hotel yang setara dengan harga separuhnya di Bali !! Padahal dengan tarif 500 ribuan, di Bali kita sudah mendapatkan hotel setara dengan Novotel atau Bali Padma yang bintang 5 !! Hotel tempat aku menginap di Krabi ini hanya menang lokasi, yang langsung berhadapan dengan pantai di seberangnya ¡

Di Thai diperlakukan tarif yang jauh berbeda antar peak season : Nov – Mar dan low season : Apr – Oct. Untuk low season, tarif kamar hotel bisa turun 40 – 60% dari saat high season. Sementara di Bali hanya naik Rp 50,000 – Rp 100,000 saat high season lebaran, Natal dan Tahun Baru !!

Lelah setelah perjalanan seharian dari pagi, aku langsung tidur lelap setelah menyeruput Tom yam kung yang sedap dan hangat !! Sambil berharap perjalanan ini bisa membawaku melupakan sebuah nama yang telah menyakitkan hatiku…