Wednesday, October 31, 2007

LIFE IS A CHOICE


Hidup adalah sebuah pilihan !!!
Semua yang kita lakukan di dunia ini adalah pilihan kita, yang dengan penuh kesadaran kita lakukan !!

Hanya ada 3 hal di dunia ini, yang tak bisa kita pilih, dan menjadi hak prerogative Sang penguasa Kehidupan , dan menjadi rahasiaNya :
Kapan dan dari siapa kita dilahirkan, karena kita tak pernah minta dilahirkan di dunia ini
Jodoh kita
Saat kematian kita, kapan waktunya, di mana, dan bagaimana cara kita mati

Allah amat membenci orang yang bunuh diri, bahkan merupakan dosa besar, karena orang ini mendahului kehendak Allah, dan memilih mempercepat kematian sehingga menjadi kehendak manusia !!

Selebihnya , sekolah kita, karir kita : di bidang apa, di mana, dan bagaimana kita mengisi waktu luang kita, memilih untuk menjadi orang ’baik’ atau orang ’jahat’, memilih hidup yang lebih berwarna atau sebaliknya, memilih jalan pintas yang bisa memuluskan cita – cita untuk kaya – raya, dan tersohor...semuanya dapat kita putuskan dengan penuh kesadaran !!

Semua selain ke-3 hal di atas, menjadi tanggung jawab penuh manusia, dan ia tak lagi bisa melemparkan tanggung jawab tsb. menjadi kesalahan orang lain, atau lingkungannya, karena ia dikaruniai otak dan akal pikiran untuk menimbang sebelum memutuskan akan memilih tindakan yang mana.

Apapun juga yang kita lakukan, selalu mengandung risiko dan konsekuensi...., karena ”there is no free lunch” ! Dan yang terpenting dalam melakukan tindakan, tetap menjadikan ’nilai – nilai’ moral sebagai tolok ukur dan rambu – rambu kebenaran dan kepatutan, selain ’put yourself on your customer’s shoes’!!