Friday, June 29, 2007

HATI NURANI : AKTIFKAN ALARM DIRI YANG PALING AMPUH !!!


- Sebagai bagian dari kecerdasan spiritual, SQ -

Berulang kali aku selalu mengemukakan hal ini kepada teman – temanku maupun anak – anakku : pentingnya mengasah kepekaan hati nurani,…menjaganya agar tetap jernih,..agar pada saat – saat kritis dan berkaitan dengan pembuatan keputusan,..maka dengarkan suara hati nuranimu !!!! Karena nurani tak pernah berdusta ! Nurani berani menyampaikan kebenaran, yang kadang coba disangkal,….karena akan membawa seseorang pada rasa malu terhadap orang lain,…bahkan membawa seseorang untuk berani mengakui kesalahannya !! Hal yang makin lama makin tererosi di jaman yang makin menghargai kepura-puraan untuk tampil sempurna ,…karena mengakui kesalahan berarti menunjukkan ketidaksempurnaan kita !! Kita lupa bahwa yang sempurna hanyalah Sang Khalik semata, dengan 99 sifat Asma’ul HusnaNya !!!

Jika nurani bicara,..maka tak perlu ada lagi kebohongan untuk mendapat nilai baik dengan cara mencontek, tak perlu menyerobot antrian di super market, tak perlu mendapat credit point dari atasan dengan cara yang tidak profesional dan tidak etis, tak perlu bersandiwara untuk tampil sebagai pasangan setia sementara di luar berselingkuh ria, tetap ingin tampil tak tercela di hadapan pasangan dan teman – teman ,..dan merasa malu untuk di’telanjangi’ ketidaksempurnaan dan kebobrokannya !!! Kondisi seperti ini yang membuat orang lebih memilih menjadi orang yang munafik !!! Membiarkan orang lain menjadi korban kemunafikannya demi memuaskan ego untuk tampil sempurna, dengan mematikan urat syaraf ‘rasa bersalah’nya !!!

Semakin sering kita ‘mematikan’ alarm suara hati nurani kita,..maka makin berkurang kepekaan kita mendengar suara kebenaran !!
Untuk mengasah suara hati nurani,...sama seperti kaca yang harus sering digosok agar semakin berkilap dan memantulkan suara hati nurani yang ‘jernih’…maka kita perlu melakukan hal – hal positif dalam hidup kita : berpikir positif, lakukan segala sesuatu dengan tulus, ikhlas, jaga kepercayaan orang lain sebagai amanah dalam hidup kita ! Jangan pernah berniat memperdaya orang lain !! Karena semua yang kita lakukan akan kembali kepada kita juga !!

BNI – Jun 30’07
08.07 am

No comments: