Sunday, January 06, 2008

PEGADAIAN AGAMA


Jangan pernah kamu gadaikan agamamu demi cinta !! Karena cinta di dunia ini cuma sesaat, tak ada yang abadi. Pindah agama demi cinta, sama saja dengan menganggap dan menempatkan kehidupan di dunia yang hanya sementara ini jauh lebih penting dibanding di akhirat kelak !! Dan ini absolutely wrong !

Kecuali jika kau berpindah agama setelah melakukan kajian dan pendalaman terhadap calon agama barumu, dan akhirnya kamu berkeyakinan bahwa agama baru itu memberi jawaban bagi semua pertanyaan kamu yang tak terjawab selama ini !! Juga jika agama baru itu dapat memberikan ketenangan atas keresahan diri,….maka kau telah melakukan tindakan yang benar !

Karena setiap pilihan mengandung konsekuensi, dan sekali lagi, jangan lakukan itu jika itu satu – satanya alasan agar dapat menikahi pasangan !! Karena religion conversion seperti ini sifatnya amat labil terhadap fluktuasi perasaan cinta ! Dan sekali sutu perkawinan bubar, maka berakhir pulalah keyakinan agama orang tsb !!

Agama, keyakinan, bukanlah sesuatu yang dapat dimain – mainkan, adalah ‘way of life’, sesuatu yang mendasari semua perilaku, dan relasi kita ke sesama manusia maupun Allah, sehingga seharusnyalah ia ditempatkan di posisi tertinggi dalam kehidupan kita !! Tanpa ini, kita seperti kapal tanpa layar yang kokoh, terombang – ambing tanpa arah di tengah samudra luas kehidupan…

Cukup kita gadaikan barang – barang kita, jika kita perlu uang tunai dalam keadaan mendesak !! Boleh juga cinta tergadai, demi memilih hal yang lebih menjadi prioritas : pasangan yang lebih memiliki ke’pribadi’an : rumah pribadi, account pribadi, perusahaan pribadi, mobil pribadi, dsb !!
Tetapi jangan pernah gadaikan agama kita, atas nama cinta...., agar selamat hidup kita !

Executive lounge bandara Juanda,
6 Jan ’08, 07.30 am