Aku kagum pada seorang temanku di kantor, yang di waktu senggangnya di akhir pekan menggunakan waktunya untuk memasak kue !! Hebatnya bukan sekedar kue seperti yang banyak ditawarkan orang lain,…tetapi ia membuat product differentiation yang jelas !! Produknya menawarkan
Ia tak mempunyai banyak pilihan produk untuk ditawarkan, karena semua memiliki proses trial dan error yang panjang.
Harga yang ia tawarkan bisa mencapai 3.5lipat lebih mahal dibanding harga produk sejenis yang tinggi kalori, dan menggunakan bahan
Yang menarik, banyak juga konsumen golongan ini, yang bersedia merogoh kocek lebih dalam untuk dapat memakan makanan enak yang berkalori rendah !!!
Hal yang sama juga kita temui : bahan – bahan makanan organik, dan resto makanan organik yang menjual dengan harga jauh di atas rata – rata makanan non-organik, untuk
Seorang temanku, bahkan memilih focus di sector informal ini saat dia mendapatkan ide untuk menjual Zuppa Soup (crème soup dengan tutup roti semacam croissant di atas mangkuk) yang diiklankan sebagai ‘harga kaki
Setahuku baru dia seorang yang membuka usaha kaki
Bisa jadi penghasilan yang ia terima dulu saat menjadi staff IT malah lebih kecil dibanding menekuni sector informal ini
Untuk desain interior, juga ada yang benar – benar kreatif, memanfaatkan kulit batang kayu manis (cinnamon) sebagai ornamen akhir dari produk furniturenya,…sehingga hasil akhirnya benar – benar eksotis dan …wangi kayu manis…!!! Saking eksklusifnya produk si pengusaha yang drg. ini, hingga ia menolak produknya untuk difoto…’no picture,…pls !’
Pesan moralnya adalah :
- selalu ada niche market bagi produk – produk yang memiliki diferensiasi yang jelas , yang membuat kita tahu mengapa produk ini unggul, dan membedakan produk ini dibanding produk sejenis lainnya di pasaran !!!
- di tengah kejenuhan pasar, dan makin kompetitifnya pasar, selalu ada peluang bagi orang yang kreatif, yang berani menawarkan sesuatu yang berbeda dibanding pesaingnya
BNI, 15 Juli ‘07
09.25 am
No comments:
Post a Comment